Gene Silencing untuk Padi

Oleh: Toto Hadiarto (Staf Balai Besar Litbang Biogen, Bogor

Karakter tanaman yang secara komersial menguntungkan dapat diperoleh dari inaktivasi satu gen yang mungkin terjadi secara spontan. Bila terjadi, bagaimanakah cara mentransfer gen yang tidak aktif itu ke galur padi lain yang hanya tumbuh di daerah tertentu ? Secara konvensional, digunakan teknik pemuliaan selama bertahun-tahun sampai akhirnya diperoleh transfer gen itu tanpa “mengganggu” gen-gen lain yang mengkarakterisasi galur padi target. “Bertahun-tahun” memang waktu yang cukup lama. Bisakah dipercepat ? Tentu, dengan menggunakan pendekatan molekuler.



Kerja sama antara peneliti Max Planck Institute (MPI) for Developmetal Biology di Jerman dan International Rice Research Institute (IRRI) di Filipina, telah menghasilkan perangkat (tool) untuk mempercepat aspek dari teknik pemuliaan dengan menggunakan artificial miRNA (amiRNA) atau miRNA buatan pada padi (1). miRNA atau microRNA adalah molekul RNA untai tunggal yang panjangnya sekitar 21-23 nukleotida. miRNA merupakan hasil dari transkripsi DNA yang tidak ditranslasikan menjadi protein, dan dia akan mendegradasi mRNA komplemen. Sehingga miRNA berfungsi menghambat ekspresi gen (2).
Pada tanaman, miRNA merupakan perangkat yang sangat baik untuk gene knockout atau gene silencing (3). Pemahaman ini kemudian dipergunakan untuk mensintesis miRNA (amiRNA) yang kemudian digunakan pada “Arabidopsis 2010 project” untuk mengetahui fungsi dari gen-gen pada Arabidopsis thaliana (3,4,5). Teknik ini selanjutnya digunakan pada tanaman padi dengan menggunakan gen target padi Eui1. Bila gen ini dinonaktifkan, penyerbukan sendiri bisa dihindari karena bunga akan dibuahi oleh polen dari padi lain. Trik ini sangat bermanfaat untuk memperoleh benih padi hibrida (1). Menarik bukan ?

Referensi:

  1. http://www.sciencedaily.com/releases/2008/03/080319093106.htm
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/MicroRNA
  3. http://2010.cshl.edu/scripts/main2.pl? link=project&content=project.html
  4. http://www.bio-pro.de/en/region/stern/magazin/02524/index.html
  5. R. Schwab, S. Ossowski, M. Riester, N. Warthmann and D. Weigel (2006). Highly Specific Gene Silencing by Artificial MicroRNAs in Arabidopsis. The Plant Cell 18:1121-1133
Badan Litbang Bioteknologi & Sumberdaya Genetik Pertanian, Kampus Penelitian Pertanian, Cimanggu, Kota Bogor

BB Biogen

Badan Litbang Bioteknologi & Sumberdaya Genetik Pertanian, Kampus Penelitian Pertanian, Cimanggu, Kota Bogor

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell