Journal Club BB Biogen: High-efficiency TALEN-based Gene Editing Produces Disease-resistant Rice

Peserta jurnal club - BB Biogen. Talen, teknik rekayasa genetis tanaman.

Teknik rekayasa genetika tanaman yang dikerjakan sampai hari ini tidak efisien, karena integrasi transgen ke genom tanaman terjadi secara acak, yaitu transgen akan terintegrasi jika “kebetulan” di dekatnya ada DNA genom yang terputus. Dengan kata lain perekayasa genetik tidak bisa mengarahkan integrasi transgen ke posisi tertentu dalam genom yang diinginkannya. Padahal posisi dalam genom sangat menentukan apakah transgen yang terintegrasi akan terekspresi dengan baik atau tidak.

Dengan demikian proyek rekayasa genetik menjadi semacam “game of number“, semakin banyak event (transforman) yang dibuat semakin besar peluang untuk didapatkan event yang menunjukkan level ekspresi transgen yang memuaskan. Maka tidak heran jika perusahaan benih transnasional seperti Monsanto atau Syngenta membuat minimal 500 event untuk sebuah konstruk, darinya hanya akan diambil sekitar 5 event unggulan yang akan dilanjutkan, sementara 450 event akan dibuang.

Dihadapkan dengan situasi ini, beberapa peneliti mencoba menemukan metode yang bisa digunakan untuk mengarahkan integrasi transgen ke posisi tertentu dalam genom yang sudah diketahui menguntungkan untuk ekspsresi transgen. Prinsip dasarnya adalah melakukan “pengayaan” pemotongan sekuen spesifik pada genom menggunakan enzim nuklease khusus sehingga sebagian besar transgen akan terintegrasi ke posisi tersebut. Beberapa teknik yang terkenal adalah Meganuclease, Zinc Finger Nuclease, dan yang akhir-akhir ini sangat populer adalah TALEN.

Topik hangat ini telah dikupas tuntas oleh Dr. K. Rudy Trijatmiko, peneliti Biologi Molekuler BB Biogen pada Journal Club tanggal 26 September 2013. Acara ini digelar secara rutin oleh Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian BB Biogen setiap bulan dan dihadiri oleh para peneliti intern maupun luar BB Biogen.

Pada diskusi disampaikan bahwa teknologi Talen ini sudah mulai diterapkan di Amerika seperti di Iowa State University maupun swasta (ARCADIA), bahkan mereka sudah siap untuk melayani pemesanan pembuatan TALEN sesuai permintaan.

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google