Rapat Koordinasi Konsorsium SDG Lokal dan Dokumentasi Data SDG

Rapat koordinasi konsorsium SDG lokal dan dokumentasi data SDG dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2015, mengiringi penyelenggaraan rapat kerja (raker) BB Biogen pada tanggal 17-18 Februari 2015. Pertemuan ini diikuti oleh para koordinator kegiatan pengelolaan SDG lokal BPTP-BPTP dan peneliti BB Biogen yang terlibat dalam kegiatan konsorsium SDG lokal. Agenda utama pembahasan dalam rapat koordinasi tersebut adalah tindak lanjut dari hasil kegiatan inventarisasi SDG lokal yang telah dilaksanakan pada kegiatan tahun 2013 dan 2014. Terkait dengan hal itu pula, didiskusikan mengenai inisiasi rencana kegiatan karakterisasi dan evaluasi oleh BPTP-BPTP dengan melibatkan balai / pusat penelitian komoditas. Mengawali sesi diskusi, disajikan beberapa materi, yaitu:
  1. Review kegiatan pengelolaan SDG di BPTP / LPTP (Dr. Sutoro – BB Biogen).
  2. Manajemen database SDG (Hakim Kurniawan, MP. – BB Biogen).
  3. Capaian peta inventori SDG (Drs. Dwi Kuntjoro – BB Sumber Daya Lahan Pertanian).
  4. BSAP 2015 – 2020 dan peran para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Balai Kliring Keanekaragaman Hayati (Ir. T. Sudiaty Silitonga, MS. – BB Biogen).
rakersdg2015
Suasana diskusi yang dipimpin oleh Kabid Program dan Evaluasi BB Biogen – Dr. Tripuji Prijatno.
Beberapa isu yang didiskusikan dalam sesi tersebut meliputi: bagaimana upaya untuk melindungi SDG lokal dari upaya pencurian oleh pihak luar, mekanisme penyaringan (kesepakatan) dalam pertukaran data terkait SDG lokal, strategi kelembagaan untuk mengaktifkan atau lebih memberdayakan Komda SDG, serta diperlukaannya suatu pertemuan teknis dalam rangka koordinasi dan peningkatan pengetahuan / ketrampilan terkait dokumentasi dan analisis data SDG lokal. Beberapa butir kesimpulan yang berhasil dirumuskan dari hasil rapat koordinasi ini adalah:
  1. Kegiatan pengelolaan SDG yang dilakukan oleh BPTP untuk tahun 2015 disepakati meliputi: karakterisasi, evaluasi, koleksi, dokumentasi dan kelembagaan.
  2. Kegiatan evaluasi akan dilaksanakan oleh BPTP bekerja sama dengan balai / puslit komoditas. Bagi BPTP yang mampu, dimungkinkkan untuk melakukan kegiatan pra-evaluasi, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi bersama-sama dengan balai / puslit komoditas.
  3. Perlu dilakukan deliniasi tugas antar BPTP, balai / puslit komoditas dan BB Biogen dalam kegiatan pengelolaan SDG pertanian; BPTP: sebagai ujung tombak di daerah dalam melakukan inventarisasi dan pengelolaan SDG lokal spesifik wilayah; Balit / puslit komoditas: sebagai sub-bank gen yang mengelola koleksi aktif (working collection) untuk mendukung program pemuliaan.