Evaluasi Proposal Kegiatan Penelitian BB Biogen 2017

Di sela-sela permulaan dimulainya aktivitas penelitian tahun 2016, telah dilakukan kegiatan evaluasi dan monitoring (monev) terhadap proposal kegiatan penelitian tahun 2017 di BB Biogen pada tanggal 1-3 Maret. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk lebih mempertajam arah dan rencana capaian kegiatan-kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan tahun mendatang. Tim evaluator terdiri dari para peneliti senior BB Biogen, serta beberapa peneliti senior dari lembaga lain seperti Institut Pertanian Bogor, LIPI, Universitas Padjadjaran (Bandung) dan Universitas Jendral Sudirman (Purwokerto). Sebanyak 16 judul proposal penelitian akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017. Proposal kegiatan penelitian tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok kegiatan penelitian dengan keluaran galur dan aksesi, serta kegiatan penelitian dengan keluaran teknologi.

monev2017
Tim evaluator dari BB Biogen, Universitas Jend. Sudirman dan Universitas Padjadjaran (kiri), dan para penanggung jawab kegiatan penelitian sedang memberikan penjelasan mengenai kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 (kanan).
Kegiatan evaluasi dan monitoring dari segi anggaran akan dilakukan dalam waktu dekat. Berikut adalah daftar judul kegiatan-kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Kelompok Galur dan Aksesi SDG 1. Pembentukan galur unggul padi melalui aplikasi marka molekular (Dr. Reflinur) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Perbaikan potensi hasil varietas Code melalui silang balik: Uji daya hasil lanjut (UDHL) di lapang dan uji multi lokasi (UML) (Tasliah, M.Si.)
  2. Perakitan galur padi unggul tahan HDB multigenik dengan bantuan marka molekular (Dr. Fatimah)
  3. Uji daya hasil pendahuluan 8 galur terpilih hasil 4 persilangan Situpatenggang x IRBL di lapang sawah gogo Lampung dan Kuningan (Siti Yuriah, SSi.)
  4. Pembentukan galur-galur induk (near-isogenic lines) padi tahan wereng batang coklat berbasis marka gen Bph: Pembentukan populasi BC6F3 dan BC6F4 berbasis marka gen Bph3 dan Bph6 (Drs. Ahmad Warsun, MP.)
  5. Perakitan galur padi introgresi unggul tahan WBC berbasis MABC (Dr. M. Yunus)
  6. MAS padi efisien Fosfor (Pupl) dan toleran Aluminium (Alt): Uji daya hasil galur-galur Pupl+Alt dan uji multilokasi galur-galur Pupl (Dr. Joko Prasetiyono)
  7. Pembentukan galur unggul toleran keracunan Fe berdasarkan seleksi berbasis marka molekular (Ida Rosdianti,S.Si.)
  8. Aplikasi marka berbasis gen untuk pengembangan padi unggul lokal aromatik (Dr. Reflinur)
2. Pemetaan genetik sifat toleransi keracunan Fe melalui pendekatan asosiasi mapping (GWAS / Genome Wide Association Mapping) (Dr. Dwinita W. Utami) 3. Pembentukan galur padi sawah tadah hujan melalui kultur antera dan mutasi (Dr. Iswari S. Dewi) 4. Perakitan padi mengandung gen CsNitrlL dengan sifat efisien penggunaan Nitrogen (Dra. Diani Damayanti, MSi.) 5. Introduksi konstruk CRISPR/Cas9gRNA GA20 ox-2 ke tanaman padi dan identifikasi mutan-mutan padi melalui analisis molekular dan sekuensing (Dr. Tri Joko Santoso) 6. Pembentukan galur unggul komoditas pertanian melalui mutasi, variasi somaklonal, dan kultur antera (Dr. Asadi) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Pembentukan galur mutan kedelai berumur genjah dan sedang melalui mutasi: Uji daya hasil pendahuluan dan lanjutan (Dr. Asadi)
  2. Seleksi dan uji daya hasil galur mutan sorgum manis Super I dan Numbu (Prof. Dr. E. Gati Lestari)
  3. Perakitan tanaman pisang tahan Fusarium melalui keragaman somaklonal dan seleksi in vitro (Drs. Deden Sukmadjaja, M.Si.)
  4. Uji daya hasil lanjutan galur somaklon gandum adaptif tropis di dataran menengah (Dr. Ragapadmi P.)
7. Pembentukan GMO komoditas pertanian toleran cekaman biotik dan abiotik (output galur) (Dr. Tri Joko Santoso) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Pembentukan tomat tahan tomato yellow leaf curl virus (TYLCV) dan cucumber mosaic virus (CMV) (Dr. Kusumawati Kusumanegara)
  2. Perakitan kentang tahan hawar daun (Phytophthora infestans) melalui teknologi RNAi (Dr. Edy Listanto)
  3. Validasi fungsi gen kandidat pada tanaman padi transgenik untuk toleran kekeringan (Dr. A. Dinar Ambarwati)
8. Pengkayaan dan karakterisasi fenotipik dan genotipik SDG pertanian (Dr. Dodin Koswanudin). Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Evaluasi sumber daya genetik tanaman pangan terhadap mutu fungsional dan cekaman biotik (hama wereng batang coklat, lalat bibit, penggerek polong, lanas, hawar daun bakteri, blas dan bulai) (Dr. Dodin Koswanudin)
  2. Pengkayaan SDG padi, kedelai dan jagung melalui hibridisasi dan kultur anther (Ir. Tintin Suhartini)
  3. Karakterisasi morfo-agronomis SDG tanaman pangan (Ir. Nurwita Dewi, MS.)
  4. Karakterisasi molekular SDG tanaman pangan (Hakim Kurniawan, MP.)
9. Konservasi, rejuvenasi, karakterisasi dan dokumentasi SDG pertanian (Dra. Minantyorini). Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Managemen bank gen benih tanaman pertanian (Dr. Nurul Hidayatun)
  2. Konservasi, rejuvenasi, karakterisasi pPlasma nutfah ubi-ubian di lapang dan secara in vitro (Dra. Minantyorini)
  3. Dokumentasi bank gen benih dan data fenotipik SDG tanaman pangan (Hakim Kurniawan)
Kelompok Teknologi 10. Analisis genom dan pemetaan genetik komoditas pertanian strategis (Dr. I Made Tasma) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Pengembangan marka molekular untuk seleksi ketahanan penyakit antraknosa pada cabai dan ketahanan penyakit virus pada kentang (Dr. Puji Lestari)
  2. Pengembangan marka SNP dan pemetaan genetik karakter terkait pertumbuhan pada sapi (Dr. Anneke Anggraeni)
  3. Pemetaan QTL karakter toleran kekeringan dan pengembangan marka SNP pada jagung (Dr. Marcia B. Pabendon / Dr. Reflinur)
  4. Pemetaan genetik toleransi keracunan Aluminium pada padi (Ma’sumah S.Si.)
  5. Pengembangan marka SNP dan pemetaan genetik toleran keracunan aluminium, salinitas dan komponen hasil pada kedelai (Dr. I Made Tasma)
  6. Pemetaan genetik ketahanan tanaman padi terhadap wereng batang coklat (Dr. M. Yunus)
  7. Pemetaan genetik karakter komponen hasil tanaman padi (Dr. Kurniawan Rudi T. / Dr. Wening Enggarini)
  8. Pembentukan populasi persilangan jarak pagar, kakao dan pisang untuk analisis genomik (Dr. Ika Roostika)
11. Pembentukan GMO komoditas pertanian toleran cekaman biotik dan abiotik (output teknologi) (Dr. Tri Joko Santoso) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Transformasi konstruk promoter spesifik akar dan gen AlaAT untuk pembentukan padi Nipponbare efisien dalam penggunaan pupuk Nitrogen (Aqwin Polosoro, S.Si)
  2. Profil transkriptomik padi rawa toleran cekaman kondisi cekaman salinitas dan identifikasi gen melalui teknologi RNA sequencing (RNA-seq) (Dr. Tri Joko Santoso)
  3. Transformasi kaset RNAi gen soluble acid invertase (SAI) untuk penundaan penurunan rendemen tebu (Dr. Eny Ida Riyanti)
  4. Konstruksi kaset CRISPR/Cas9 gen soluble acid invertase (SAI) dan transformasinya ke tanaman tebu untuk penundaan penurunan rendemen (Dr. Sri Koerniati)
12. Aplikasi teknologi in vitro untuk peningkatan kualitas dan perbanyakan tanaman komoditas penting pertanian (Dr. Mia Kosmiatin) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Percepatan pertumbuhan tunas jeruk keprok hasil regenerasi sel-sel endosperma dengan teknik top working grafting (Dr. Mia Kosmiatin)
  2. Peningkatan kualitas mangga (Mangifera indica) melalui aplikasi pemuliaan in vitro (Dr. Ali Husni, MSi.)
  3. Aplikasi teknologi in vitro untuk peningkatan kualitas dan perbanyakan tanaman komoditas penting pertanian (Ir. Yati Supriyati, MS.)
13. Bioprospeksi senyawa bioaktif untuk peningkatan produktivitas komoditas pertanian (Dr. I. Made Samudra) Penelitian ini terdiri dari beberapa kegiatan:
  1. Bioprospeksi senyawa bioaktif untuk pengendalian serangga hama Scirpophaga innotata dan Cnapalocrosis medinalis (Dr. I Made Samudra)
  2. Pengembangan formulasi kitosan antifungi untuk pengendalian penyakit antraknosa pada mangga, papaya dan cabai (Ir. Yati Supriyati, MSc.)
  3. Formulasi mikroba pendegradasi residu insektisida dan Idoning gen pendegradasinya (Dr. Alina Akhdiya)
  4. Formulasi dan karakterisasi bakteri endofitik peningkat vigor tanaman terinfeksi virus dan bakteri (Dr. Ifa Manzila)
  5. Bioprospeksi senyawa bioaktif untuk peningkatan produktivitas padi, bawang dan tomat (Dr. Dwi Ningsih Susilowati)
  6. Perakitan teknologi biosensor deteksi patogen terbawa benih untuk mendukung produksi benih (kedelai, bawang merah, dan cabai merah) bermutu dan bebas penyakit (Dr. Tri Puji Priyatno)
14. Identifikasi virulensi wereng batang coklat menggunakan marka molekular (Dr. Chaerani) 15. Kriopreservasi dengan metode vitrifikasi dari Diosconea composita L. dan Dioscorea bulbifera L. (Ir. Sri Hutami, MS.) 16. Evaluasi tanaman hasil regenerasi floral axis dan kriopreservasi kalus embriogenik pisang (Dr. Ika Roostika)
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell