Kebun plasma nutfah pisang terlengkap di Asia Tenggara ada di Yogyakarta

Pernahkah Anda berkunjung ke Kebun Plasma Nutfah Pisang di Giwangan Umbulharjo Yogyakarta? Sekarang jumlah koleksinya sudah mencapai 346 kultivar, dengan jumlah pohon yang dimiliki hingga ribuan batang. Sebagian dari kultivar yang ada termasuk pohon pisang yang unik, bahkan terdapat pohon pisang langka. Dengan jumlah 346 kultivar menjadikan kebun Plasma Nutfah Pisang dikenal sebagai kebun pisang dengan koleksi terlemgkap se-Asia Tenggara. Beberapa koleksi pisang unik yang dimiliki Kebun Plasma Nutfah Pisang tersebut antara lain adalah pisang Badak Pendek. Pohon pisang unik ini antara lain mempunyai ciri tinggi tanaman sekitar satu meter dan mampu mengeluarkan buah dengan jumlah serta ukuran maksimal. Untuk memanen pisang ini, Anda tidak perlu menebang pohonnya atau langsung memotong bagian atas tandan pisang. Varietas pisang lainnya yang sangat unik yaitu Raja Seribu, tandan jenis pisang ini bisa sangat panjang dan diperkirakan terdapat seribu buah di dalam satu tandan. Masih ada pisang Gendruwo atau Potho bagian yang kulitnya berwarna merah. Untuk jenis pisang Lase, di dalam satu pohon bisa keluar dua tandan. Sementara itu jenis pisang Sangga Buwana, tandan pisang yang keluar bukan ke bawah tapi ke atas. Itulah yang menjadikan jenis pisang ini sangat unik. Kebun Plasma Nutfah Pisang yang dibangun sejak 1988 telah melaksanakan pengumpulan, pemeliharaan, dan penyebarluasan koleksi berbagai jenis pisang. Dengan lahan seluas 19.525 meter persegi, kebun ini telah ada sebanyak 346 varietas pisang tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Sejak 2005, dirintis juga pengembangan kebun di Kebun Tegalrejo khususnya bagi tanaman pisang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Oleh Kementerian Pertanian RI, Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta disebut sebagai kebun koleksi pelestarian pisang terlengkap di Indonesia. Oleh sebab itu, sejak 2004 lalu kebun ini dirintis sebagai Pusat Pisang Nasional dengan meningkatkan sarana prasarana pendukungnya. Hingga kini, sarana dan prasarana yang telah ada di Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta antara lain Kebun Plasma Nutfah Pisang, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Olahan, Rumah Aklimatisasi (tempat adaptasi bibit tanaman), Gedung Promosi, dan SDM. Dengan Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta ini, diharapkan dapat melestarikan, memanfaatkan, dan menyebarluaskan pisang bagi kepentingan yang lebih berdayaguna. Kebun ini juga dapat menjadi wahana preservasi dan konservasi lahan dalam kota. Rekreasi ilmiah juga dapat dilakukan di kebun ini, selain sebagai fasilitas penelitian bagi mahasiswa dan umum yang ingin mengetahui tentang pisang dan tentunya sebagai pendukung bagi pengembangan industri pisang.
pn_pisang_yogya
Kebun plasma nutfah pisang Yogyakarta (kiri), salah satu koleksinya adalah pisang Raja Seribu (tengah) dan Pisang Gendruwo (kanan).
Tertarik untuk mengunjunginya? Silahkan datang ke: Jl. Lingkar Selatan, Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta 55163 (nomor telepon kontak 0274-6848474). Sumber artikel: https://gudeg.net http://wongjogja.com

Latest posts by Hakim Kurniawan (see all)