Mengenal Tanaman Transgenik (Bagian 5)

Beberapa tanaman transgenik sudah dilepas di Indonesia. Mereka sudah mendapatkan sertifikat keamanan pangan, pakan dan/ atau lingkungan karena sudah melalui uji keamanan terkait. Penggunaannya pun harus disesuaikan dengan sertifikat yang diperoleh. Misalkan, tanaman transgenik yang hanya memperoleh sertifikat keamanan pangan, maka ia hanya bisa digunakan untuk konsumsi manusia dan bukan untuk konsumsi hewan ataupun ditanam.

Sampai dengan akhir tahun 2016, ada sekitar 20 tanaman transgenik yang sudah memperoleh sertifikat keamanan pangan. Satu tanaman memperoleh sertifikat keamanan pakan dan dua tanaman transgenik yang memperoleh sertifikat keamanan lingkungan.

Salah satu tanaman yang memperoleh sertifikat keamanan pangan dan juga keamanan lingkungan adalah jagung Roundup Ready event NK603. Jagung ini merupakan jagung yang toleran terhadap herbisida yang diperoleh dengan memasukkan gen 5-enolpyruvylshikimate-3-phosphate synthases (EPSPS) ke dalam tanaman jagung. Enzim yang dihasilkan oleh gen EPSPS membuat tanaman menjadi toleran terhadap glifosat. Glifosat adalah bahan dari herbisida. Sehingga, lahan yang disemprot dengan herbisida akan bersih terhadap gulma, gulma akan mati sedangkan tanaman jagung akan tetap tumbuh. Di sinilah letak keunggulan jagung Roundup Ready, ia tahan terhadap herbisida sehingga dapat tumbuh dengan lebih baik tanpa gangguan gulma di lahan pertanian.

Komposisi nutrisi dari jagung transgenik Roundup Ready telah dianalisa. Hasilnya menunjukkan kemiripan dengan jagung non transgenik. Nilai komposisi nutrisi masih berada dalam kisaran nilai tanaman non transgenik. Selain studi tersebut, tentunya tim keamanan hayati telah menganalisa data-data lain terkait keamanan pangan seperti kemungkinan kandungan alergen dan toksin serta keamanan lingkungan seperti kemungkinan perpindahan gen. Keluarnya sertifikat keamanan pangan dan keamanan lingkungan menunjukkan bahwa tanaman transgenik tersebut aman untuk dikonsumsi manusia sebagai makanan dan aman terhadap lingkungan.
instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google