Monev Kegiatan Pengelolaan SDG dan Sosialisasi Produk BB Biogen di Sulawesi Tenggara

Sebagaimana telah dilakukan di beberapa daerah yang lainnya, monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pengelolaan sumber daya genetik (SDG) lokal juga telah dilakukan di provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 5-8 September 2017. Salah satu kegiatan yang mendapatkan prioritas pada tahun 2017 ini adalah pendaftaran SDG lokal. Di samping dalam rangka mendukung upaya inventarisasi dan dokumentasi data keberadaan varietas lokal oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian (PPVTPP), dengan didaftarkan SDG lokal akan dapat menjamin kepemilikan serta pengembangan lebih lanjut terhadap SDG lokal bersangkutan yang kebanyakan memiliki nilai novelti di berbagai daerah yang berbeda-beda.

Pada tahun 2017 ini provinsi Sulawesi Tenggara mentargetkan akan mendaftarkan sebanyak 5 SDG lokal, yang meliputi 3 SDG lokal padi gogo dan 2 SDG lokal jagung. BB Biogen sebagai koordinator Konsorsium Pengelolaan SDG lokal sangat mendorong dan mendukung agar proses pendaftaran SDG lokal dari provinsi Sulawesi Tenggara dapat segera diselesaikan agar segera mendapatkan sertifikat terdaftar dari PPPVTPP.

Pada kesempatan yang sama juga telah dilakukan sosialisasi produk penelitian dan pengembangan dari BB Biogen. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPTP, Kepala BPSB, serta para peneliti dan penyuluh dari BPTP dan BPSB provinsi Sulawesi Tenggara. Varietas unggul padi Inpari Blas dan Inpari 40 – salah satu produk BB Biogen – diserahkan berupa benih kelas Benih Pokok masing-mading sebanyak 5 kg untuk didiseminasikan dan diperbanyak dengan melibatkan BPSB agar benih hasil panen nantinya mendapat label sebagai benih kelas Benih Sebar.

Kunjungan ke kebun koleksi SDG yang dikelola oleh BPTP provinsi Sulawesi Tenggara
Koordinasi dengan BPSP Provinsi Sulawesi Tenggara
Sosialisasi produk penelitian dan pengembangan BB Biogen
Sosialisasi produk penelitian dan pengembangan BB Biogen
 
instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google