Pertemuan Jurnal Club: Ketahanan Resesif Tanaman terhadap Virus

Pada tanggal 6 Oktorber 2017 BB Biogen mengadakan jurnal club di ruang seminar lantai 2, BB Biogen Bogor. Jurnal club kali ini membahas mengenai pertahanan tanaman terhadap serangan virus dengan mengacu pada publikasi review Frontiers in Microbiology dengan judul Recessive Resistance to Plant Viruses: Potential Resistance Genes Beyond Translation Initiation Factors yang ditulis oleh Hashimoto et al.(2016). Presentasi diberikan oleh Dr. Tri Puji Priyatno dari kelompok peneliti Biokimia.
Presentasi diawali dengan penjelasan mengenai sifat ketahanan tanaman terhadap virus yang dapat dikelompokkan menjadi tiga. Mereka adalah ketahanan dominan, ketahanan resesif dan rentan. Perbedaan antaran ketahanan dominan dan resesif adalah pada mekanisme yang berbeda. Ketahanan dominan pada tanaman memanfaatkan gen-gen R (resistance genes atau gen ketahanan) sehingga serangan virus langsung dikenali oleh tanaman dan dihambat. Ketahanan resesif terjadi pada saat virus tidak dapat memanfaatkan inang untuk berkembang biak. Hal ini disebabkan oleh tidak cocoknya molekul tanaman dan virus sehingga tidak terjadi ikatan dan virus tidak dapat berkembang biak dalam tanaman.
Dengan memanfaatkan mekanisme ketahanan resesif, penelitian dapat dilakukan untuk merakit tanaman yang tahan terhadap virus. Caranya yaitu dengan membuat agar virus tidak dapat mengenali dan berikatan dengan molekul dalam inang yang biasa digunakan untuk berkembang biak. Sehingga molekul inang ini perlu diubah konformasinya agar tidak lagi dikenali oleh virus. Perubahan ini dapat dilakukan dengan persilangan trandisional, dengan memanfaatkan sumberdaya genetik yang ada, pendekatan mutasi acak dengan menggunakan senyawa kimia ataupun radiasi, dan dengan pendekatan gene editing.
BB Biogen sudah merakit varietas cabe yang tahan terhadap serangan virus belang ChiVMV melalui mutasi menggunakan EMS.
Sebagian peserta jurnal club.
Suasana saat pemaparan materi oleh Dr. Tri Puji Priyatno.
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell