Balitbangtan Kembangkan Bank Gen Pertanian Nasional

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) akan mengembangkan bank gen atau tempat penyimpanan dan pengembangan sumber daya genetik (SDG) skala nasional.

Pengembangan tersebut dilakukan sebagai upaya konservasi SDG, sekaligus menjadi pendorong pemanfaatan SDG untuk menghasilkan varietas unggul maupun pemanfaatan langsung untuk pangan dan industri di Indonesia.

Menurut Kepala BB Biogen, Mastur PhD, salah satu fungsi konservasi bank gen adalah mencegah kehilangan terhadap SDG yang penting. “Sebagai contoh, jika kita sudah menemukan varietas padi yang wangi (aromatik) kita harus bisa menjaganya agar tidak hilang dan jauh dari kepunahan. Bukan itu saja, sifat wangi digabungkan dengan varietas lain yang hasilnya tinggi menjadi wangi.” ujarnya di kantor BB Biogen pada Jumat (9/2/2018).

Dengan adanya bank gen nasional, Mastur berharap agar jumlah varietas atau bibit unggul yang diciptakan terus meningkat. Dengan demikian bank gen bukan hanya bermanfaat bagi para peneliti tapi juga bagi masyarakat. “Kalau kita punya koleksi ubijalar beraneka warna dan kandungan gizinya, kita bisa kembangkan dan langsung dibudidayakan oleh para petani dan diolah menjadi beragam produk sehingga dampaknya akan langsung terasa”, tambahnya.

Saat ini Bank Gen Balitbangtan di BB Biogen memiliki koleksi sekitar 12 ribu SDG atau sepertiga dari koleksi nasional. Selain itu bank gen ini juga memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti ruangan yang mampu menyimpan SDG hingga lebih seratus tahun.

Untuk mencapai target operasional bank gen nasional, sekarang sedang dipersiapkan sumber daya manusia yang handal, manajemen yang baik, serta payung hukum yang dapat menunjang operasional. Jika terealisasi maka bank gen nasional ditargetkan mampu menampung seluruh jenis SDG penting di bidang pertanian, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

Kepala BB Biogen, Mastur Phd, saat menyampaikan materi tentang bank gen nasional di ruang rapat BB Biogen pada Jumat (9/2/2018). Bank gen nasional dibangun sebagai upaya konservasi untuk melindungi berbagai varietas dari kepunahan dan pemanfaatannya untuk pertanian dan industri.
instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google