BB Biogen Akan Lepas Empat Varietas di Tahun 2018

Pada tahun ini Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) akan melakukan pelepasan varietas yang masuk dalam kategori komoditas andalan 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala BB Biogen, Mastur, Phd, saat memimpin rapat konsolidasi kegiatan tahun 2018 di BB Biogen, Senin (12/2/2018).

Salah satu jenis komoditas yang akan dilepas adalah sorgum manis, sebuah tanaman penghasil biji-bijian yang dapat dijadikan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Selain memiliki banyak menfaat, sorgum manis juga cocok dibudidayakan di daerah kering atau kurang air seperti Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Terdapat tiga calon varietas sorgum manis yang akan diikutsertakan dalam sidang pelepasan varietas, dan seluruhnya merupakan hasil pemuliaan in vitro yaitu kombinasi antara iradiasi menggunakan sinar gamma dengan kultur in vitro.

Sesuai rencana, calon varietas sorgum manis yang dilepas akan ditanam di Flores Timur dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengembangkan sorgum di kawasan Timur.

Menurut Mastur, selain calon varietas sorgum, terdapat tiga varietas lain yang akan dilepas oleh BB Biogen, yakni cabai, kedelai dan jeruk. “Kalau cabai sudah press release. Kita tinggal menunggu calon varietas lainnya.” Ujar Mastur.

Selain membahas terkait pelepasan varietas, terdapat sejumlah proyeksi yang akan dilaksanakan BB Biogen pada tahun 2018, diantaranya kongres komnas sumber daya genetik, konferensi internasional, pelaksanaan seminar bulanan, serta launching Bank Gen Nasional Pertanian di BB Biogen.

Kepala BB Biogen, Mastur, Phd, saat memimpin rapat konsolidasi kegiatan tahun 2018 di BB Biogen.
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell