Dukungan Bioteknologi dalam Perakitan Varietas Unggul Baru

Perakitan varietas baru tanaman selama ini umumnya memerlukan waktu yg panjang dan lama. Para pemulia tanaman harus menyilangkan berkali-kali hingga diperoleh suatu galur/varietas yg membawa sifat unggul yg diinginkan. Apalagi untuk jenis tananam tahunan yg umur berbuahnya sangat lama, pemuliaan untuk perakitan vaietas unggul baru bisa berpuluh2 tahun.

Kehadiran teknologi baru, seperti bioteknologi dapT memberikan harapan baru dlm mempercepat proses pemuliaan tanaman. Dukungan bioteknologi pd perakitan varietas unggul baru sangat diharapkan.

Untuk itu lebih mengenalkan teknik-teknik bioteknologi dalam mendukung perakitan varietas unggul baru, BB Biogen sebagai lembaga riset bioteknologi Balitbangtan menyelenggarakan seminar dan lokakarya (semiloka) satu hari dengan mengundang para pemulia tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, rempah dan obat. Semiloka dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2018 dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan.

Sebagai nara sumber pada sesi seminar adalah Prof. Dr. Ika Mariska (pemulia in vitro) dan Dr. Tony Liwang (pemulia sawit). Sementara itu pada sesi lokakarya, kepala BB Biogen menyampaikan topik metode bioteknologi dan sumbangannya pd program pemuliaan komoditas utama. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan kelompok pemuliaan molekular dengan topik seleksi berbantuan marka molekular dan kit deteksi. Dilanjutkan dg pembahasan tentang pemuliaan in vitro dan mikropropagasi serta kriopreservasi.

Kepala BB Biogen saat memberikan arahan tentang metode bioteknologi dan potensi sumbangannya pada program pemuliaan komoditas utama.
Parapeserta semiloka dari berbagai instansi.
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell