Sosialisasi Kegiatan Feed the Future Biotechnology Potato Partnership (FtFBPP)

Feed the Future Biotechnology Potato Partnership (FtF BPP) merupakan program kerjasama penelitian antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui BB Biogen dengan USAID melalui tiga institusi di Amerika Serikat. Tiga institusi tersebut adalah University of Minnesota, Michigan State University dan Simplot plant sciences. Sebelumnya, kerjasama seperti ini pernah dilakukan yang melibatkan BB Biogen dengan Cornell University melalui USAID dengan nama program  Agricultural Biotechnology Support Project lanjutan dari program (ABSP) II.

ABSPII telah berhasil mengembangkan kentang dengan bantuan bioteknologi untuk mendapatkan ketahanan terhadap serangan penyakit hawar daun yang disebabkan oleh Phytophthora infestans (P. infestans). Kentang produk biotek tersebut diharapkan memberikan keuntungan petani dengan mengurangi penggunaan fungisida serta menekan dampak buruk terhadap hewan dan lingkungan. Pengembangan kentang biotek dilakukan dengan memasukkan materi genetik  (gen RB) dari varietas kentang lain (kerabat liarnya) yaitu Solanum bulbocastanum yang  memiliki ketahanan terhadap penyakit tersebut.

Gen tersebut dimasukkan kedalam kentang budidaya (Katahdin) melalui transformasi dengan bantuan Agrobacterium tumefaciens. Hasil pengembangan tersebut telah diperoleh Kentang Katahdin yang mengandung gen RB yaitu kentang Katahdin SP951 dan menunjukkan adanya peningkatan ketahanan terhadap penyakit hawar daun.

Program FtFBPP mencoba mengembangkan kentang dengan ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kentang Katahdin SP951 terhadap serangan penyakit yang sama. Penelitian dilakukan dengan memasukkan tiga gen resistan (stacked gene) melalui bioteknologi. Dengan penambahan tiga gen resistan dalam satu tanaman, diharapkan tanaman kentang akan memiliki ketahanan yang lebih tinggi dan durable terhadap serangan jamur P. infestans.

Kerjasama penelitian ini disosialisasikan di auditorium Ismunadji, Kampus Penelitian Cimanggu, Bogor pada Selasa, 30 Januari 2018. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala BB Biogen, Ir. Mastur, Msi, PhD. Dalam acara setengah hari ini, Kepala BB Biogen memberikan arahan mengenai pentingnya kerjasama luar negeri dalam pengembangan varietas unggul. Selanjutnya, presentasi pertama yang disampaikan oleh Ir. Mastur, Msi, PhD menyampaikan mengenai pengalaman penelitian yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian dalam perakitan tanaman kentang biotek yang memiliki ketahanan terhadap P. infestans. Kepala BB Biogen juga menekankan mengenai keamanan hayati suatu produk harus melalui tahapan regulasi untuk mendapatkan sertifikat aman yang dikeluarkan oleh  Komisi Keamanan Hayati (KKH). Presentasi kedua disampaikan oleh direktur proyek FtFBPP, Dr. Dave Douches. Dr. Douches nyampaikan perkembangan penelitian FtFBPP yang dilakukan di Amerika Serikat.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh pejabat dan peneliti dari lingkup Badan Litbang Pertanian, Sektretarian Jenderal Kementan, LIPI, IPB, KKH  /TTKH (Tim Teknis Keamanan Hayati), SEAMEO BIOTROP, tim teknis dan FtF BPP.