Workshop DOI: Penerapan Sistem DOI untuk Pengelolaan SDG Padi

Workshop Digital Object Identifier (DOI) diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2018 di BB Biogen. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan unit kerja yang mengelola sumber daya genetik (SDG) tanaman pertanian, terutama padi.

Kegiatan workshop dilaksanakan dalam bentuk Focussed-Group Discussion (FGD) dengan mengambil tema: Aplikasi Digital Object Identifier (DOI) untuk Menunjang Implementasi Access and Benefit Sharing (ABS) dalam Pemanfaatan Sumber Daya Genetik (SDG) Padi di Indonesia.

Tampil sebagai nara sumber dalam pertemuan ini:
  1. M. Sabran (BB Biogen): Sistem Multi-Lateral (MLS) dalam Kerangka Pertukaran Sumber Daya Genetik (SDG) secara Internasional.
  2. Hakim Kurniawan (BB Biogen): Implementasi Sistem Digital Object Identifier (DOI) dalam Pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Padi.
  3. Nurul Hidayatun (BB Biogen): Pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian di Bank Gen Balitbangtan.
Kegiatan ini merupakan platform pengembangan koneksi lintas sistem melalui adopsi dan implementasi pengidentifikasi objek digital (Digital Object Identifier = DOI) sebagai sistem identifikasi yang bersifat global, unik, dan bebas bias.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengadopsi dan mengimplementasikan metode penggunaan DOI untuk mendukung pengembangan koneksi lintas sistem di dalam sistem informasi global. Aplikasi DOI akan memungkinkan penyedia suatu materi untuk melacak penggunaan materi genetiknya di dalam sistem multilateral.

Muhammad Sabran, menyampaikan materi mengenai Sistem Multi-Lateral (MLS) dalam Kerangka Pertukaran Sumber Daya Genetik (SDG) secara Internasional.
Hakim Kurniawan, mempresentasikan materi mengenai Implementasi Sistem Digital Object Identifier (DOI) dalam Pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Padi.
Nurul Hidayatun, menyampaikan materi mengenai Pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian di Bank Gen Balitbangtan.
Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas negara, di mana Indonesia adalah sebagai pemimpin kegiatannya. Kegiatan terdiri atas beberapa tahapan, yaitu: Pengujian software pendukung aplikasi DOI, pengembangan sistem database, dan diseminasi ke masyarakat global.

Saat ini software yang telah dikembangkan Internasional Rice Research Institute (IRRI) telah diuji aplikasinya oleh tenaga IT dari BB-Biogen. Selanjutnya, dalam dua tahun ke depan, software ini akan diujicobakan ke beberapa negara lain.

Keuntungan bagi Indonesia: oleh:
  1. Melalui kegiatan ini kita diharapkan untuk melakukan pembaruan sistem database SDG kita (terutama padi) menuju sistem yang lebih menyeluruh, akurat, lengkap, dan terintegrasi.
  2. Koneksi sistem database dengan aplikasi DOI akan memfasilitasi pelacakan transfer materi genetik yang dipertukarkan dalam sistem multilateral. Lebih lanjut, melalui pelacakan ini akan memberikan kemudahan dalam pembagian manfaat atas penggunaan suatu materi genetik (Access and Benefit Sharing = ABS).
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell