Ratusan Siswa SMP Belajar Kultur Jaringan di Balitbangtan

Sebanyak 110 siswa dari SMP Daar El Salam Kabupaten Bogor mengunjungi kantor Balai Besar Penelitan dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Badan Litbang Pertanian pada Selasa (13/3/2018). Selain untuk silaturrahmi, kedatangan ratusan siswa tersebut bertujuan untuk mengenal kultur jaringan yang menjadi salah satu materi di sekolah mereka.

Setelah mendapat sambutan dari BB Biogen yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian, Restu Aan Sonny Wibisono, para siswa langsung dibawa ke ruang Kelompok Peneliti Biologi Sel dan Jaringan (BSJ). Di sana mereka dikenalkan pada kultur jaringan serta manfaatnya bagi pertanian.

Terdapat enam manfaat kultur jaringan yang dijelaskan pada para siswa, yakni untuk memperbanyak tanaman secara cepat, memperbaiki sifat tanaman, sebagai penyimpanan tanaman, menghilangkan virus, produksi metabolit sekunder serta membantu regenerasi tanaman hasil transformasi.

Osan, salah satu siswa mengaku senang karena memiliki kesempatan untuk mengenal kultur jaringan secara langsung. “Belajar soal kultur jaringan susah-susah gampang, tapi saya senang karena dapat pelajaran baru di sini”, ujarnya.

Selain BSJ, bidang lain yang dikenalkan secara langsung adalah Bank Gen atau fasilitas konservasi Sumber Daya Genetik (SDG). Di Bank Gen Badan Litbang Pertanian tersebut terdapat ribuan SDG yang penyimpanannya dibagi dalam tiga ruang, yakni penyimpanan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dengan kunjungan ini diharapkan para siswa mengetahui kekayaan SDG sekaligus cara konservasi dan pemanfaatannya untuk pembangunan pertanian.

Ratusan siswa SMP Daar El Salam Kabupaten Bogor melakukan foto bersama usai kunjungan di BB Biogen pada Selasa (13/3/208)
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell