Strategi dan Kiat Penulisan KTI di Jurnal Internasional

Menulis sebuah karya tulis ilmiah (KTI) di suatu jurnal internasional sangatlah tidak mudah, selain adanya hambatan bahasa juga tuntutan kualitas atau mutu tulisan yang akan dikirimkan ke suatu jurnal. Terlebih pada jurnal internasional yang terindek scopus dan bereputasi.

Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang bermutu ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya: kualitas data yang dimiliki, teknik penulisan KTI (menyesuaikan dengan prosedur penulisan artikel pada jurnal target), dan kemampuan bahasa Inggris (cara mengasah skill bahasa Inggris adalah dengan banyak membaca artikel bahasa Inggris sebagai referensi KTI dan memanfaatkan tools bahasa).

Langkah-langkah untuk menyiapkan naskah KTI meliputi: 1) berpikir tentang mengapa ingin mempublikasikan hasil penelitian dan kelayakannya, 2) menentukan tipe naskah KTI (penelitian primer/short communication (preliminary studies)/review paper), 3) memilih jurnal target (tidak langsung mengirim ke jurnal dengan Impact Factor (IF) di atas 30, tidak mengirim ke beberapa jurnal secara bersamaan, 4) memilih jurnal yang terindeks scopus (ada dalam daftar Scimago),  5) memenuhi persyaratan KTI, 6) fokus ke struktur naskah, dan 7) mengikuti etika publikasi (hindari plagiasi).

Dalam rangka memberikan Tip strategi dan kiat menulis karya tulis ilmiah kepada para peneliti BB Biogen, khususnya para peneliti madya, Dr. Puji Lestari, peneliti produktif telah berbagi ilmu dan pengalamannya dalam menulis KTI di jurnal internasional yang disampaikan pada Seminar Rutin BB Biogen pada Rabu, 21 Maret 2018. Seminar dipandu oleh Dr, Chaerani (Anggota Dewan Redaksi Jurnal-Agrobiogen) dan diikuti oleh sebagian besar peneliti madya dan peneliti muda BB Biogen.

Dari semiar ini diharapkan para peneliti BB Biogen dapat termotivasi dan lebih pede dalam menulis karya tulis ilmiah di jurnal internasional, sehingga dapat mencapai target jumlah karya tulis ilmiah di BB Biogen tahun ini.

Presentasi materi strategi dan kiat penulisan KTI di jurnal internasional oleh Dr. Puji Lestari
Para peserta seminar yang terdiri dari para peneliti BB Biogen