Kunjungan Universitas Pakuan: Pilihan Tepat Belajar Bioteknologi di Balitbangtan

Bogor 14/05/2018 – Bank Gen Balitbangtan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian menjadi suatu ketertarikan bagi pelajar, mahasiswa/i, guru dan dosen. Sebanyak 87 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa/i semester 6 jurusan pendidikan biologi Universitas Pakuan berkesempatan melihat langsung Bank Gen Balitbangtan, Laboratorium Mikrobiologi, dan Laboratorium Biologi Sel dan Jaringan.

Sambutan Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Dr. Sustiprijatno, S.Si., M.Sc. menjadi pembuka kunjungan kali ini. Pemaparan mengenai sumber daya genetik, bank gen dan video hasil penelitian BB Biogen menghantarkan mahasiswa/i mengenal lebih dalam bioteknologi pertanian.

Sambutan Kabid KSPHP Dr. Sustiprijatno saat pembukaan kunjungan mahasiswa/i Universitas Pakuan di BB Biogen

Melalui arahan Dr. Dodin Kuswanuddin seluruh mahasiswa/i diajak melihat langsung Bank Gen Balitbangtan. Bank Gen merupakan teknologi pertanian yang memiliki tujuan utama untuk menyelamatkan dan melestarikan sumber daya genetik di Indonesia. Sangat antusias dan bersemangat seluruh mahasiswa/i menyimak pemaparan Andari Risliawati, MSc..

Penjelasam terkait fungsi Bank Gen kepada mahasiswa/i Unpak oleh peneliti Kelti PSDG (Andari Risliawati, MSc.)

Manis salah satu mahasiswi mengaku sangat terkesan dan senang berkunjung ke BB Biogen “Berkunjung ke BB Biogen merupakan pengalaman yang luar biasa apalagi bisa melihat langsung Bank Gen Nasional, Satu kata untuk BB Biogen, amazing!” Ujarnya.

Tidak hanya mengunjungi Bank Gen seluruh mahasiswa/i juga berkesempatan untuk melihat laboratorium mikrobiologi.

“Melakukan analisis mikrobiologis produk pertanian, pengembangan metode analisis dibidang mikrobiologi, kajian metabolisme mikroba pertanian, dan memberikan pelatihan, pelayanan dan konsultasi tentang mikrobiologi pertanian merupakan fungsi utama laboratorium mikrobiologi.” Jelas Dr. Dwi Ningsih Susilowati, S.TP., M.Si.

Penjelasan tentang mikrobiologi kepada mahasiswa/i Unpak oleh peneliti Mikrobiologi (Dr. Dwiningsih Susilowati)

Cuaca terik siang itu tidak menyurutkan semangat mahasiswa/i untuk melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Biologi Sel dan Jaringan. Suci Rahayu, S.Si., MS. salah satu peneliti biologi sel dan jaringan menyambut kunjungan mahasiswa/i kali ini.

Penjelasan terkait kegiatan di Kelti BSJ kepada mahasiswa/i Unpak pleh Suci Rahayu, M.Sc.

“Saya merasa berkunjung ke BB Biogen merupakan pilihan yang tepat untuk menambah wawasan mahasiswa/i terhadap bioteknologi pertanian apalagi hal ini juga didukung dengan fasilitas teknologi pertanian yang canggih dan modern serta sumber daya manusia yang terampil.” Ujar Dosen Universitas Pakuan, Dini Dyah Saputri, M.Si

Selain untuk membangkitkan semangat generasi muda terhadap pertanian Indonesia, kunjungan ke Balitbangtan ini juga diharapkan agar generasi muda lebih peduli terhadap pertanian di Indonesia. Tidak hanya melahirkan sarjana pertanian yang handal dan terampil tapi juga menghasilkan produk pertanian yang bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat di Indonesia.

Penulis: Nurul Ulfah;

Editor: Ir. Mastur, MSi., PhD.