Siapkan Ciherang Aromatik, Balitbangtan Gunakan Marka Molekuler

Bogor – Ciherang merupakan varietas unggul hasil pemuliaan yang sangat populer dan dominan hingga kini saat ini.Ciherang memiliki banyak keunggulan seperti produktivitas yang tinggi, nasinya yang pulen dan ketahanan terhadap beberapa jenis hama dan penyakit.
Berbagai keunggulan tersebut membuat sulit varietas unggul baru (VUB)  yang baru dilepas untuk menggantikannya, walaupun memiliki keunggulan karakter tertentu.
Karena faktor branding Ciherang yang bagus, membuat upaya perbaikan atau peningkatan mutu VUB Ciherang dengan tetap memanfaatkan keunggulan branding diyakini lebih mudah diadopsi.
Balitbangtan pun mencoba melengkapi keunggulan VUB Ciherang dengan sifat aromatik dengan cara melakukan silang-balik sifat aromatik dari varietas unggul lokal (VUL) dengan bantuan marka molekuler agar lebih cepat dan akurat.Sumber sifat aromatik adalah padi aromatik lokal Pandanwangi dan Mentikwangi.
Menurut Tri Joko Santoso dari BB Biogen Balitbangtan, seleksi berbantuan marka molekuler lebih baik dan menguntungkan karena sifat wangi bersifat homosigot resesif. Sementara progeni silang balik adalah heterosigot sehingga dibutuhkan 2 generasi untuk mengetahui adanya sifat wangi.
Selain itu, progeni silangbalik dapat dianalisis pada tanaman yang masih sangat muda, sehingga sifat wangi hasil persilangan dapat diketahui pada usia muda tanpa harus menunggu terbentuknya gabah.
Proses seleksi dapat lebih akurat dengan melihat marka molekuler materi genetik dari hasil persilangan yang dilakukan. Uji daya hasil pendahuluan telah dilakukan di beberapa lokasi seperti KP Muara, Subang, Yogyakarta dan Sukamandi.
Dalam proses pelepasan, beberapa pengujian dilakukan untuk melengkapi dokumen persyaratan pelepasan varietas, di antaranya adalah pengujian mutu beras.Dibandingkan dengan Ciherang, calon varietas Ciherang wangi memiliki sifat unggul tambahan aromatik dan mutu beras lainnya setara.
Tekstur nasi yang pulen, kadar amilosa sekitar 21 persen, kadar protein 9 persen, warna beras putih, kepulenan, rasa dan penerimaan umum yang disukai, menjadikan calon varietas Ciherang wangi sebanding dengan Ciherang dengan tambahan sifat aromatik.
Hasil mutu beras ini menjadi modal penting untuk segera melepas calon varietas Ciherang wangi.
Semoga segera dapat dilepas dan dikembangkan agar produktivitas, mutu beras dan pendapatan petani di Indonesia terus meningkat.
Penulis: Dr. Trijoko Santoso;
Editor: Ir. Mastur, PhD.
Sumber:
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell