PT Maxindo Kerjasama dengan Balitbangtan untuk Tingkatkan Produktivitas dan Mutu Produk

BOGOR -PT Maxindo Karya Anugerah mengunjungi Balai Besar Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Balitbangtan, pada Rabu (3/10/2018). Dalam kunjungan tersebut, Raw Material Manager PT Maxindo Andri Indradi menyampaikan tujannya untuk berdiskusi tentang ubi jalar yang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan makanan ringan di perusahaannya.

PT Maxindo Karya Anugerah merupakan salah satu perusahaan produsen makanan ringan dengan bahan baku umbi-umbian. Produk-produk yang dihasilkan berupa keripik dari ubi jalar berwarna orange, ungu, talas belitong dan singkong yang diekspor ke berbagai negara seperti Belanda, Australia dan China.

“Permasalahan kami saat ini adalah pencarian bibit unggul yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu kami ingin meningkatkan produktivitas petani, karena kaitannya nanti untuk pemenuhan kebutuhan perusahaan”, papar Andri.

Selain masalah produktivitas, Andri juga menyoroti masalah hama lanas yang menyerang tanaman umbi. Menurutnya, selama ini lanas menjadi masalah terbesar petani yang berdampak pada pasokan yang berkurang.

Menanggapi masalah tersebut, Balitbangtan melalui BB Biogen memiliki dua alternatif untuk meningkatkan produktivitas petani, yakni dengan perbanyakan benih melalui kultur jaringan serta mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT) menggunakan teknologi. Teknologi yang dimaksud adalah Fero Lanas yang dapat mengendalikan hama lanas secara ramah lingkungan.

Fero Lanas ini berhasil digunakan petani di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Petani memasang 460 perangkap di lahan seluas 95 hektar dan berhasil menangkap 5.498 ekor lanas.

Saat ini PT Maxindo mendapat pasokan umbi dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebanyak 8 ton per hari. Namun kebutuhan tersebut terus meningkat hingga 13 ton per hari sehingga perlu adanya kerja sama untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Penulis: Andika Bakti.

Editor: Mastur, PhD.

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell