BB Biogen Kembali Adakan Bimbingan Teknis Kultur Jaringan

BOGOR – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kultur Jaringan Tanaman Anggrek dan Pisang pada Selasa 6 November 2018 di BB Biogen , Bogor – Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta dari beberapa Kota.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendayagunaan Hasil Penelitian Sustiprijatno saat sambutannya memaparkan, “Bapak dan Ibu peserta bimtek bahwasanya pertanian adalah sektor yang sangat menjanjikan apalagi peluang peluang bukan saja di dalam negeri akan tetapi ekspor juga menjanjikan untuk pelaku pertanian di Indonesia, seperti hortikultura, perkebunan dan tanaman pangan. Alhamdulillah kami disini bisa memberikan suatu pelayanan berupa bimbingan teknis mengenai kultur jaringan kepada bapak dan ibu sekalian. Dimana kita akan mempraktekan teknik teknik dalam kultur jaringan tanaman anggrek dan pisang,” tuturnya.

“Untuk tanaman anggrek sendiri kita di Jawa Barat ini masih sangat kekurangan, kita juga melakukan suatu kerjasama untuk meningkatkan perbanyakan anggrek menggunakan teknik kultur jaringan ini. Dan kami sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu sekalian atas kepercayaan kepada kami untuk datang ke kantor kami ini melihat perkembangan teknologi yang sudah kami hasilkan ada beberapa produk, seperti cabai carvi agri horti, padi inpari 40, feromon dan ini semua kami hasilkan ini adalah untuk masyarakat, kami ini adalah pelayan masyarakat,” tambahnya.

Selain Sustiprijatno, terdapat tiga peneliti yang turut berbagi dalam bimtek ini, yakni Dr Ika Roostika, Drs. Deden Sukmadjaja, dan Ir. Yati Supriyati. Ketiga peneliti tersebut berbagi informasi mengenai anggrek dan pisang untuk perbanyakan dengan kultur jaringan.

Peserta bimtek selanjutnya langsung mempelajari teknik kultur jaringan di laboratorium biologi sel dan jariang (BSJ). Dan para peserta di bagi ke dalam tiga kelompok oleh petugas lab. Seperti menurut salah satu peserta yang berasal dari Bandung. “Saya mengikuti bimtek ini dikarenakan saya memang tertarik dan hobi anggrek, saya ingin memperbanyak anggrek melalui kultur jaringan, karena kita dapat memproduksi anggrek secara masal,” tutur iceu saat diwawancarai.

Dan akhir acara bimtek ini ditutup langsung oleh Kepala BB Biogen Ir Mastur, PhD yang menyempatkan waktu bertemu para peserta disela sela kesibukannya. “Harapan saya dengan hari ini diadakannya bimtek dapat memberikan manfaat untuk bapak dan ibu peserta bimtek ini kedepannya dan dapat diaplikasikan dan saling sharing ilmu kepada yang belum mengetahui kultur jaringan, bahkan mungkin dapat memberikan manfaat ekonomi bagi bapak dan ibu peserta bimtek ini,” tuturnya.

Penulis: Zulfikar

Editor: Mastur, PhD.

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell