Koleksi Bank Gen Balitbangtan Semakin Bertambah

Guna menjaga sumber daya genetik (SDG) pertanian, Balai Penelitian Tanaman Sereal (Balitsereal) menyerahkan jagung sebanyak 55 aksesi dan sembilan varietas gandum kepada BB Biogen untuk disimpan di Bank Gen Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Penyerahan ini dilakukan oleh peneliti Balitsereal, Dr. Mapaganggang dan diterima oleh Ketua Unit Pusat Benih Sumber BB Biogen, Dr. Dodin Koswanudin.

Menurut Mapaganggang, penyimpanan SDG dan varietas ini dilakukan agar terjaga keamanannya. “Bank Gen Balitbangtan memiliki fasilitas yang lengkap. Saya berharap agar penyimpanan benih SDG dan varietas di Bank Gen Balitbangtan dilakukan secara kontinyu agar keamanannya terjaga dan dapat diduplikat,” ujar Mapaganggang di Kantor Balitsereal, Maros, Jumat (9/11/2018)

Menanggapi hal tersebut, Dodin mengapresiasi langkah Balitsereal yang memercayakan Bank Gen sebagai tempat konservasi SDG. Dodin pun berharap agar kedepannya seluruh SDG dan varietas yang ada di balai penelitian, BPTP Blitbangtan dan instansi lainnya agar menyimpan sebagian SDG di Bank Gen Balitbangtan.

“Pada 2018 kegiatan akuisisi penitipan SDG dan varietas tanaman telah dilakukan dari Balai Besar Penelitian Tanaman padi, Balai Penelitian (Balit) Tanaman Sayuran, Balit Tanaman Hias, Balit Tanaman Serat dan Pamanis, serta Balit Tanaman Industri. Harapannya seluruh Balit akan menyusul,” ujar Dodin.

Sumber Daya Genetik (SDG) yang meliputi tanaman, hewan dan mikroba merupakan kekayaan alam yang sangat berharga dalam mendukung kehidupan manusia. SDG banyak digunakan sebagai bahan pemuliaan tanaman dalam menghasilkan varietas unggul baru bioprospeksi, dan agribisnis sehingga sangat penting dalam kehidupan manusia.

Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan memiliki fasilitas penyimpanan benih SDG yang dilengkapi dengan gedung dan petalatan yang memadai sebagai tempatan penyimpanan atau Bank Gen yang dikelola oleh BB Biogen di Bogor.

Dalam mendukung upaya fungsi Bank Gen Balitbangtan, BB Biogen siap malakukan kerja sama dengan Balitbang dan BPTP agar serta instansi lain agar menyimpan SDG dan varietas tanaman, mikroba dan atau DNA sehingga data SDG yang terdapat di Indonesia tersimpan dan terselamatkan sebagai duplikat yang tercatat secara lengkap sebagai dasar acuan.

Penulis: Dodin Koswanudin

Editor: Andika Bakti