PTPN Holding Siap Kembangkan Hasil Riset Balitbangtan

BOGOR -Penggunaan hasil riset dari lembaga pemerintah menjadi kurang maksimal jika tidak ditangkap oleh dunia usaha, untuk itu PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Holding siap mengembangkan hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian. Hal tersebut disampaikan Direktur Tanaman Semusim Holding Perkebunan Nusantara, Mohamad Cholidi saat mengunjungi Kantor BB Biogen di Bogor, Rabu (7/11/2018).

Menurut Cholidi, pemerintah butuh percepatan teknologi pertanian agar memiliki daya kompetitif dan mampu mencukupi kebutuhan pangan nasional. Namun jika pemerintah mengalami keterbatasan dalam implementasinya, badan usaha yang dikelola oleh negara tersebut siap diajak bekerjasama.

“Tadi disebutkan kalau di BB Biogen ada beberapa produk unggulan seperti kedelai edamame, kedelai Biosoy dan jeruk tanpa biji. Saya langsung bilang kalau kami siap menjadi tempat untuk mencoba. Kalau perlu kami menjadi lembaga yang pertama untuk penggandaan atau pembibitannya,” ujar Cholidi saat diwawancara.

Cholidi menyebutkan, untuk pembititan kedelai dapat dilakukan di Jember dan Lumajang yang memiliki lahan sekitar 150 hektar. Sementara untuk pengembangan jeruk tanpa biji, pihaknya memiliki lahan di kawasan Glantangan, Jember, Jawa Timur.

“Tadi juga salah satu peneliti bercerita kalau di sini ada pisang yang tahan terhadap penyakit layu fusarium. Saya akan siapkan tempat di Ciater Kabupaten Subang untuk uji coba dan komparasi keunggulan. Saya sudah kontak Direktur Operasi PTPN VIII, dan mereka siap menyambut,” ungkap Cholidi.

Kepala BB Biogen, Mastur PhD mengapresiasi keterlibatan PTPN Holding dalam mengembangkan penelitian Balitbangtan. Mastur berharap agar kerja sama ini segera terealisasi dan masyarakat dapat segera merasakan dampaknya.

Penulis: Andika Bakti

Editor: Mastur, PhD.

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell