Distribusi Bantuan Ayam di Kecamatan Maja Memasuki Tahap Akhir

Distribusi bantuan ayam dari Program Bekerja Kementerian Pertanian (Kementan) di Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka memasuki tahap akhir.

Pada Selasa (16/7/2019), Kementan melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) membagikan bantuan ayam kepada 347 rumah tangga miskin (RTM) di Kecamatan Maja, tepatnya Desa Nunuk Baru.

“Distribusi ayam di Kecamatan Maja tahap pertama dilakukan pada 9 Maret lalu, dan ini adalah tahap akhir. Nanti akan disusul dengan distribusi sarana dan prasarana lain seperti pakan dan biaya pembuatan kandangnya,” ujar penanggungjawab Program Bekerja Kabupaten Majalengka, Sonny Wibisono.

Penyaluran bantuan di Nunuk Baru terkesan lebih spesial karena desa ini merupakan desa tertua dan menjadi salah satu daerah terisolir di Kecamatan Maja. Meski demikian, dalam proses pendistribusiannya tetap berjalan lancar dan dihadiri oleh Camat Maja, Babinsa dan Babinmas Nunuk Baru, TKSK Kementerian Sosial, 18 Kepala desa di Kecamatan Maja dan para pendamping desa.

“Kalau melihat dari proses awal sampai hari terakhir ini, distribusi ayamnya saya nilai bagus, teman-teman dari Kementan juga bekerja luar biasa, bekerja dalam arti sesuai juga dengan program yang di gagasnya yaitu program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera jadi betul-betul bekerja sesuai sasaran dan target dari pemerintah,” ujar Camat Maja, Arif Daryana.

Prinsipnya saya mengapresiasi atas kinerja dari temen-temen dari Kementan dalam proses pendistribusian dari awal sampai akhir,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Babinsa Nunuk Baru, Sersan Mayor Aming Hadi Wijaya. “Alhamdulillah untuk pendistribusian ini berjalan dengan lancar walaupun kondisi geografis desa Nunuk Baru ini sangat luar biasa karena memerlukan perjalanan yang memang banyak rintangannya dan mungkin perjalanan, sehingga dapat ke Nunuk Baru ini dapat menjadikan pengalaman untuk petugas-petugas dari Kementan ini,” ujarnya.

Di Kecamatan Maja sendiri terdapat 1.868 RTM yang mendapat bantuan ayam melalui Program Bekerja Kementan. Para penerima bantuan pun mengaku senang dengan adanya bantuan ini karena dianggap dapat memperbaiki perekonomian serta meningkatkan taraf hidup.

“Kalau kita melihat dari kuota awal yang telah ditetapkan dan kita telah melakukan verifikasi dan validasi data sehingga data total RTM penerima bantuan di Kec Maja itu 1.868, saya kira itu sudah cukup bagus dan sudah bisa memenuhi apa yang diharapkan,” ujar Asep Saepudin, TKSK dari Kementerian Sosial.

Asep menjelaskan, walau banyak warga yang mengharap menerima bantuan melalui Program Bekerja, namun ada kriteria dan ketentuan warga untuk mendapatkannya dan hal tersebut sudah tercantum dalam BDP.

“Jadi kita mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah serta mengikuti proses verifikasi dan validasi yang dilakukan bersama-sama antara petugas di tingkat kecamatan dari unsur pemerintahan desa dengan melibatkan masyarakat desa itu sendiri,” jelas Asep. (Hasni Zulfikar/Andika Bakti)