Teknologi Balitbangtan Tampil di Ritech Expo 2019

Sejumlah teknologi rakitan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut tampil dalam Ritech Expo 2019 yang berlangsung di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali pada 25-28 Agustus 2019.

Teknologi yang dipamerkan adalah hasil penelitian dari unit kerja dan unit pelaksana teknis di bawah Balitbangtan yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK (PUI) seperti teknologi kultur jaringan, nanoteknologi, bioteknologi dan beberapa teknologi lainnya.

Produk teknologi kultur jaringan yang dipamerkan adalah tanaman hias seperti anggrek dan bunga krisan dalam bentuk planlet. Sementara produk nanoteknologi terdiri dari bioplastik nanoselulosa, biofoam, nanobiosilika cair, nanobiopestisida cair, nanocoating benih dan nanohidrogel yang diyakini dapat menjadi salah satu terobosan solusi pembangunan pangan dan pertanian ke depan.

Adapun produk bioteknologi yang dipamerkan adalah kit deteksi aren genjah untuk mengetahui jenis aren yang memiliki umur genjah dan umur dalam waktu yang singkat, kit kebuntingan sapi untuk mengetahui kebuntingan setelah inseminasi buatan, dan kit pendeteksi mutu sawit untuk uji kemurnian benih dan profil sidik jari DNA.

Hadirnya Balitbangtan di acara ini mendapat antusias cukup tinggi dari pengunjung. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan terkait produk-produk yang dihasilkan Kementan melalui Balitbangtan. Bahkan seorang pengunjung mengaku tertarik untuk datang langsung ke Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor guna mengetahui lebih banyak hal hasil penelitian Balitbangtan.

“Selama ini saya datang dan mengajukan surat ke Institut Pertanian Bogor. Nanti saya akan datang ke Cimanggu untuk mempelajari hasil penelitian Kementan khususnya teknologi dan komoditas perkebunan,” ujar Septian, pengunjung asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Ritech Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi dibidang teknologi.

Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari tema besar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24, yaitu IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. (Andika Bakti)