Universitas Perjuangan Tasikmalaya Kenali Hasil Penelitian di BB Biogen

Sebanyak 23 mahasiswa semester 2 dan semester 4 Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Perjuangan Tasikmalaya mengunjungi Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor pada Selasa (27/8/2019). Kunjungan ini merupakan bagian dari program karyawisata untuk memperluas dan menambah wawasan mahasiswa.

“Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan pada mahasiswa khususnya ilmu dibidang genetika sekaligus untuk mengenal teknologi-teknologi pertanian yang dihasilkan BB Biogen,” ujar dosen pendamping mahasiswa, Nasrudin.

Pada kesempatan ini, BB Biogen melalui Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Dr. Sustiprijatno menyambut kedatangan para mahasiswa yang datang dan berkunjung ke BB Biogen. Pada kesempatan ini Susti memaparkan mengenai keorganisasian di BB Biogen, produk hasil penelitian dan fasilitas yang ada di BB Biogen.

Selanjutnya, ke 23 mahasiswa mengunjungi empat kelompok peneliti (kelti) di BB Biogen diantaranya kelti Pengelolaan Sumber Daya Genetik (PSDG), Biologi Sel dan Jaringan (BSJ), Biologi Molekuler (BM), dan kelti Biokimia.

Anas, salah satu mahasiswa sangat puas setelah mengunjungi Kelti PSDG, karena di sana para mahasiswa dikenalkan dengan Bank Gen dan fasilitas-fasilitas yang ada di dalam bank gen.

“Saya tidak menyangka kalau di Indonesia mempunyai fasilitas seperti ini, tidak kalah dengan luar negeri,” ujar Anas.

“saya dan teman-teman yang lain sangat antusias dengan diberikan izin untuk mengunjungi BB Biogen ini, juga tadi ketika para peneliti di laboratorium menjelaskan teman-teman sangat serius mendengarkan penjelasannya,” tambahnya. (M. Hasni Zulfikar)