Fiji Jajaki Kerja Sama dengan Balitbangtan

Kedutaan Besar Fiji di Jakarta mengunjungi Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor pada Kamis (14/11/2019). Kunjungan ini bertujuan untuk menggali potensi kerja sama di bidang pertanian dengan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan).

Sebagai negara berkembang, Fiji masih memerlukan banyak informasi terkait bioteknologi dan peternakan, untuk itu dua perwakilan Fiji, Isaac Grace dan Leone Bainivanua dijadwalkan untuk mengunjungi dua unit pelaksana teknis di bawah Balitbangtan yakni BB Biogen dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Saat berada di BB Biogen, Isaac dan Leone dikenalkan dengan beberapa komoditas yang dihasilkan menggunakan pendekatan bioteknologi seperti komoditas padi, sorgum, kedelai, cabai, tomat, kentang dan beberapa komoditas lainnya.

Selain itu, dua perwakilan Fiji ini juga dikenalkan dengan keanekaragaman hayati Indonesia melalui kunjungan lapang ke kebun percobaan dan bank gen di lingkungan BB Biogen. Pada kesempatan ini mereka dikenalkan dengan ribuan jenis sumber daya genetik pertanian yang sebagiannya telah dikonservasi dan dimanfaatkan oleh Balitbangtan.

Selama kunjungan, Isaac yang merupakan Chargé d’affaires di Kedutaan Fiji tidak dapat menyembunyikan rasa kagumnya. Berulang kali ia menyebut kata “amazing” saat mengetahui kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

Untuk itu ia berjanji akan menyampaikan hasil kunjungannya ini ke pemerintahan Fiji agar segera ditindaklanjuti, dengan harapan akan terjalin kerja sama dengan Balitbangtan terutama di bidang penelitian dan pengembangan bioteknologi (Andika Bakti).