Program #BEKERJA di Kabupaten Kuningan Berjalan Lancar

Rapat Evaluasi dan Pengkayaan Program #BEKERJA di Kabupaten Kuningan dilaksanakan pada pekan lalu, tepatnya Rabu,l 30 Oktober 2019, dihadiri oleh 110 orang peserta yang terdiri dari 4 orang Camat (Garawangi, Maleber, Ciawigebang dan Luragung), 61 orang pendamping desa, 4 orang TKSK, 10 orang petugas vaksinator dan 4 Koordinator Pendamping Desa serta Tim Bekerja BB Biogen. Rapat Evaluasi dan Pengkayaan juga dihadiri oleh Kepala Dinas pertanian Kab. Kuningan dan beberapa narasumber yaitu Kepala BB Biogen Mastur PhD yang juga merupakan Penanggung Jawab program Bekerja di Kabupaten Kuningan, Sumedang, Majalengka, dan Pekalongan, Rissa Indriyanii dari BB Litvet, Prof. Sri Supraptini Mansjoer sebagai Tim Pakar Program #Bekerja, Niknik Rusnikasyari dari Dinas Pertanian Kab. Kuningan, dan Dewi Sari Kumalawati dari Balitnak.

Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian arahan dan pembukaan oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Kuningan Dodi Nurochmatuddin, dalam arahannya Dodi menuturkan bahwasannya program dari pemerintah kali ini sangat berbeda dengan program-program yang ada sebelumnya karena program dari pemerintah khususnya dari Kementerian Pertanian ini bertujuan untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat yang betul-betul kurang mampu dari segi ekonomi.

“Dari program #Bekerja Kab. Kuningan alhamdulillah saya lihat berbeda dengan program-program yang sudah ada sebelumnya, keberlanjutan dari program ini pun diperhatikan dengan adanya kegiatan evaluasi bersama tim ahli dan tim dari BB Biogen. Kesimpulannya menurut saya program ini berjalan dengan sangat baik, dan apabila dibandingkan dengan kegiatan sejenis yang telah ada sebelumnya program #Bekerja ini lebih sempurna, dari mulai awal verifikasi kepada penerima bantuan dalam hal ini RTM, Distribusi DOC, distribusi pakan dan uang kandang, lalu setelah itu diadakan pertemuan untuk mengevaluasi kegiatan yang sudah berlangsung. Dan ini pekerjaan rumah buat kami sebagai pelayan masyarakat agar program ini betul-betul dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan tercapai sesuai target,” tuturnya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan pelaksanaan program #Bekerja Kab. Kuningan oleh penanggung jawab Edy Listanto, yang memaparkan dari mulai tahapan sosialisasi program di tiga kabupaten, sosialisasi program bekerja dan desk verification Kab. Kuningan, verifikasi lapangan data RTM, sosialisasi di tingkat Kabupaten, tingkat kecamatan, dan bimtek tingkat RTM, kegiatan distribusi yang meliputi DOC ayam KUB, pakan, vaksin obat vitamin (VOV), bantuan uang kandang, serta pelaporan perkembangan ayam KUB secara berkala sesuai format yang telah ditetapkan.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Kepala BB Biogen Mastur, yaitu Evaluasi program #Bekerja di Kecamatan Garawangi, Maleber, Ciawigebang, dan Luragung. Setelah Evaluasi program #Bekerja, pemaparan selanjutnya berupa bimbingan teknis dengan narasumber sebagai berikut: Bimtek Mandiri Pakan oleh Prof Sri Supraptini, Bimtek Biosecurity oleh Rissa Indriani, Bimtek Penetasan Telur oleh Dewi Sari Kumalawati, dan pemaparan terkait Kelembagaan Budi Daya Ayam KUB oleh Niknik Rusnikasyari.

Dalam kegiatan ini juga diadakan serah terima banyuan mesin tetas telur dari pihak BB Biogen kepada Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan. Dan disampaikan juga apresiasi dengan memberikan cinderamata kepada Pendamping Desa yang selama pelaksanaan kegiatan sangat kooperatif dan tertib menyampaikan laporan serta aktif dalam penyelesaian dokumen administrasi lainnya. Cinderamata disampaikan langsung oleh Kepala BB Biogen Mastur dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi Nur Azizah.