Menjadi Penanggungjawab Program Bekerja di Jawa Barat, BB Biogen Bentuk Tim

Berita

 112 total views,  2 views today.

Pada tahun ini Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Balitbangtan menjadi salah satu instansi yang terlibat dalam program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

Bekerja merupakan sebuah program yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 20 tahun 2018, dengan tujuan pengentasan kemiskinan desa dan peningkatan kesejahteraan berbasis pertanian. Hal tersebut sesuai dengan Nawacita ke lima yakni untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Adapun bentuk kegiatan Bekerja adalah mendistribusikan bantuan berupa ayam ternak unggul kepada rumah tangga miskin (RTM). Untuk mencapai hasil maksimal, BB Biogen membentuk tim yang terdiri dari gabungan beberapa unit pelaksana teknis (UPT) dibawah Balitbangtan seperti BB Litvet Subang, Puslitbang Horti, dan Balithi.

Tim yang terbentuk nantinya akan disebar ke tiga kabupaten yang menjadi tanggung jawab BB Biogen yakni Kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 5.951 kepala keluarga (KK) di Kuningan yang masuk dalam kategori RTM, di Majalengka sebanyak 6.178 KK, dan 4.946 KK di Kabupaten Sumedang.

Menurut Kepala Bidang Program dan Evaluasi BB Biogen, Lidiyani Widowati MSc, pembentukan tim merupakan langkah awal dalam menjalankan program Bekerja, selanjutnya seluruh tim akan melakukan beberapa langkah mulai dari verifikasi data RTM, mendistribusikan ayam secara bertahap, memberi pembekalan berupa bimbingan teknis, pendampingan, hingga pengawalan kegiatan.

Kepala BB Biogen, Mastur PhD menyebutkan, Bekerja merupakan salah satu program yang dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat, untuk itu ia meminta agar tim yang terbentuk dapat menjalankan program ini dengan maksimal agar pendistribusian bantuan pemerintah ini dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar.

Penulis: Andika Bakti