Dosen Politeknik Lampung Ikuti Bimtek di BB Biogen

Berita

 137 total views,  1 views today.

Politeknik Negeri Lampung menugaskan dua tenaga pengajarnya untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) analisis PCR untuk deteksi gen dan studi keragaman genetik di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Bogor. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 23 dan 24 April ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen di Politeknik Negeri Lampung.

Menurut salah satu peserta bimtek, Henni Elfandari, kegiatan ini adalah hal baru bagi mereka sebagai dosen pengajar sekaligus pemulia tanaman. Menurutnya, dengan mempelajari analisis atau uji melalui PCR ini dapat mempermudan dan mempercepat proses penelitian. Hal tersebut sangat berbeda jika dibandingkan dengan penelitian yang selama ini dilakukan, yakni secara konvensional.

Kepala BB Biogen Mastur PhD menyebutkan, bimtek ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terlebih politeknik memiliki tekad untuk mengembangkan kemampuannya tenaga pengajarnya sesuai dengan dinamika yang ada.

Mastur juga manyampaikan bahwa BB Biogen memiliki kit deteksi kelapa sawit yang bisa menditeksi benih sawit palsu yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh Politeknik Negeri Lampung, mengingat di kampus tersebut terdapat jurusan budidaya tanaman perkebunan.

Diakhir pernyataannya, Mastur berharap kegiatan bimtek ini dapat ditindaklanjuti dengan perjalinan kerja sama antara BB Biogen dengan Politeknik Negeri Lampung terkait penelitian dan pengembangan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penelitian, magang dan praktik kerja lapangan bagi dosen maupun mahasiswanya.

Penulis: Tardi Toyib

Editor: Andika Bakti