Penerima Program Bekerja Kementan di Majalengka Antusias dan Kreatif

Berita

 146 total views,  1 views today.

Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Balitbangtan Ir Mastur, MSi PhD. Kamis lalu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Majalengka. Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam program #BEKERJA yang di gagas oleh Kementerian Pertanian.

Di kunker ini Ka BB Biogen beserta staff ingin melihat perkembangan ayam KUB yang sudah disalurkan kepada para penerima bantuan #BEKERJA di Kecamatan Maja, Kab. Majalengka, Kamis (30/5/2019).

Dalam rangkaian kunker ini Ka BB Biogen berdialog langsung dengan beberapa penerima bantuan. Perkembangan ayam yang dipelihara sejak DOC sangat bagus. Jenis bantuan ayam kampung KUB hasil invensi peneliti peternakan Balitbangtan tumbuh sehat dan mulai besar. Rumah tangga miskin (RTM) penerima bantuan antusias dan semangat dalam mengelola kebersihan kandang dan cara nya memberikan pakan.

“Para penerima bantuan di desa Paniis ini cukup bagus dan beberapa penerima bantuan sangat kreatif misalnya, ada yang mengintegrasikan beternak ayam dengan ikan, jadi kandangnya itu berada di atas dan di bawahnya itu ada kolam ikan, sehingga kotorannya jatuh bisa dimakan oleh ikan. Tentu hasilnya ini sangat menguntungkan, karena dari ikan tidak perlu memberikan pakan untuk ikan lagi dan hanya memberikan pakan untuk ayam kub saja. RTM mengelola dengan sistem integrasi ini akan dapat panen ayam dan ikan nantinya. Lalu ada juga RTM penerima bantuan yang memberikan suplemen pakan sendiri dari bekatul dicampur dengan tanaman eceng gondok muda yang di rebus terlebih dahulu lalu di potong-potong dan dicampur dengan pakan yang kita berikan. Saya melihat perkembangan dari ayam nya ini sehat-sehat”, tuturnya saat diwawancara.

“Saya memberikan pertanyaan kepada mereka, bagaimana rencana kedepannya apabila sudah bertelur. Pertanyaan ini tentu nya yang sangat penting karena target pemerintah khususnya kementerian pertanian membuat program ini untuk meningkatkan dan memajukan perekonomian masyarakat yang kurang mampu. Rata-rata yang saya lihat mereka selain menjual telur juga ada yang memelihara untuk ditetaskan kembali sehingga perkembang biakan ayam semakin banyak dan menghasilkan ayam potong untuk di pasarkan kepada para pembeli nantinya,” tambahnya.

Para penerima bantuan yang dikunjungi sangat gembira dan semangat dalam mengelola serta merawat apa yang sudah pemerintah khususnya kementerian pertanian salurkan kepada mereka.

Mereka pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian yang mempunyai terobosan program #Bekerja ini.

“Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian atas ada nya program ini untuk mensejahterakan masyarakat kurang mampu seperti saya, dan alhamdulillah sangat membantu saya dan keluarga,” tutur Isaroh salah satu perwakilan RTM.

Mastur menambahkan, “Insyaallah apa yang diharapkan dan di cita-cita kan oleh Bapak Menteri Pertanian melalui Program Bekerja akan berhasil dalam mensejaterakan masyarakat kurang mampu dan dapat menuntaskan kemiskinan.”

Penulis: M. Hasni Zulfikar