Program Bekerja Kementan Hadir di Pekalongan

Berita

 84 total views,  1 views today.

Setelah Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) sukses berjalan di sejumlah daerah, kini giliran Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengan yang menerima manfaat dari program tersebut.

Saat ini program Bekerja memasuki tahapan verifikasi terhadap warga yang masuk dalam kategori rumah tangga miskin (RTM). Terdapat tiga kecamatan yang mendapat bantuan dari Program Bekerja, yakni Kecamatan Kesesi, Kandangserang dan Paninggaran dengan total RTM 6.580 kepala keluarga (KK).

Setelah dilakukan kunjungan kerja oleh Kepala BB Biogen sekaligus penanggungjawab Program Bekerja Pekalongan, Mastur PhD, pada 2 Juli lalu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyambut baik program tersebut, karena menurutnya dapat mendukung pemerintah daerah dalam menurunkan tingkat kemiskinan.

Asip pun berharap agar program Bekerja di daerahnya dikawal dan dilaksanakan semaksimal mungkin baik oleh instansi pusat maupun daerah sehingga berhasil dan berkesinambungan serta meningkatkan taraf hidup RTM.

Pada kesempatan yang sama, Mastur juga menyampaikan hasil-hasil inovasi bidang pertanian yang telah dicapai Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) dan program Bun 500. Menanggapi hal tersebut, Bupati Pekalongan mengharapkan ada program pengadaan bibit cengkeh untuk peremajaan tanaman yang sudah tua dan terserang penyakit serta padi toleran salinitas dan teknolologi lain yang dapat dikembangkan.

Diakhir diskusi, Bupati Pekalongan dan Kepala BB Biogen sepakat bahwa  kerjasama antara Balitbangtan, BPTP Jawa Tengah, Pemda Pekalongan dan perguruan tinggi perlu  disinergikan untuk membangun sektor pertanian di Pekalongan.

Penulis: Dodin Koswanudin

Editor: Andika Bakti