Mentan Dorong Peremajaan Pohon Kelapa Eksotik

Berita

 82 total views,  2 views today.

Kementerian Pertanian (Kementan) segera menyiapkan bibit pohon kelapa eksotik untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani. Dalam dua tahun hasil panen bisa didapat setelah proses peremajaan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pohon kelapa yang cepat berbuah dan produksi tinggi sangat bagus untuk dikembangkan oleh petani. Badan Litbang Kementan pun telah diminta untuk memperbanyak bibit kelapa unggulan.

“Saya meminta Balitbangtan segera menyiapkan bahan tanaman berupa bibit siap tanam kelapa unggul dan eksotik untuk pengembangan di lahan petani dalam rangka peremajaan tanaman yang telah berumur tua atau untuk pengembangan pada lahan baru,” kata Syahrul melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 1 September 2020.

Varietas kelapa unggul dan eksotik yang bisa dibudidayakan di antaranya Kelapa Bido dan Genjah Raja asal Maluku Utara, Kelapa Genjah Kopyor asal Pati dan Kelapa Genjah Entog asal Kebumen, Jawa Tengah. Petani juga bisa memanfaatkan varietas kelapa Genjah Kuning Nias (GKN) yang merupakan kelapa hibrida Indonesia.

Menurut Syahrul, pihaknya juga memperkuat sisi pengolahan kelapa agar meningkatkan nilai tambah hasil panen petani. Inovasi teknologi menjadikan pembuatan virgin coconut oil (VCO) bisa cepat, mudah, dan efisien.

“Unit pengolahan seperti ini harus dimantapkan penelitiannya di Balit Palma agar dapat segera dikembangkan di tingkat petani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” ucap Syahrul.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyampaikan bahwa pihaknya telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi mulai dari hulu sampai hilir. Meski demikian, diperlukan dukungan berupa kerja sama produksi dalam perbanyakan massal benih kelapa unggulan.

“Berbagai inovasi tersebut telah diadopsi oleh petani dan stakeholder lainnya terutama varietas unggul kelapa Dalam dan Genjah yang telah ditanam di berbagai sentra kelapa di Indonesia,” ujarnya.

Sumber: Medcom.id