Ingin Manfaatkan Produk BB Biogen? Begini Caranya

Artikel Berita

 216 total views,  8 views today.

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) memiliki beberapa produk hasil penelitian berupa teknologi dan varietas unggul baru (VUB) yang dapat diadopsi oleh pengguna.

Adapun teknologi yang telah dihasilkan diantaranya kultur jaringan komoditas pisang, anggrek dan porang. Sementara VUB diantaranya padi Inpari Blas, Inpari HDB, Inpari 40, Bio Patenggang, Bioni 63 Ciherang, Biosalin, Biobestari, cabai Carvi Agrihorti, Kedelai Biosoy dan sorgum Bioguma.

Berdasarkan Public Hearing yang diselenggarakan BB Biogen pada 13 Agustus 2020, terdapat dua cara untuk memeroleh produk-produk tersebut, pertama melalui Layanan Kerja Sama Penelitian dan Pengembangan, kedua melalui Layanan Unit Pengelola Bio Produk dan Benih Sumber (UPBBS).

Perbedaan dua layanan ini terletak pada prosedur pelayanan. Prosedur kerja sama selengkapnya dapat dilihat di sini, sementara prosedur UPBBS dapat dilihat di sini.

Yang perlu diketahui, benih yang dihasilkan BB Biogen merupakan benih kelas breeder seed (BS) atau dikenal dengan benih label kuning. Untuk itu sangat disarankan agar yang mengadopsi adalah penangkar agar benih tersebut dapat dikembangkan menjadi benih kelas foundation seed (FS) atau stock seed (SS).