Tenaga Ahli DPR Dukung Pengembangan Sorgum Bioguma

Berita

 276 total views,  1 views today.

Tenaga Ahli Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Golkar, Evi Ayunita mendukung pengembangan varietas unggul baru Sorgum Bioguma rakitan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Menurutnya, sorgum bioguma patut disebut sebagai tanaman industri karena seluruh bagian tumbuhannya dapat dimanfaatkan. Misalnya biji untuk pangan, daun untuk pakan hijauan ternak, nira untuk gula, bahkan batang yang telah diambil niranya pun masih dapat diolah menjadi silase.

“Kalau Pak Menteri (Pertanian) memiliki program korporasi, sorgum ini bisa menjadi bagian dari program tersebut,” kata Evi saat melihat tanaman sorgum bioguma di Kebun Percobaan Citayam BB Biogen, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut Evi menjelaskan, masyarakat dengan umur produktif ke atas saat ini cenderung mengutamakan kesehatan dalam memilih makanan. Untuk itu sorgum dapat dijadikan sebagai pangan alternatif yang sehat dan bernilai ekonomi tinggi.

“Sebagai contoh adalah gula madu. Beberapa hotel besar biasanya menyediakan gula madu dari sorgum, dan pelanggan dengan umur 35 sampai nenek-nenek biasanya pasti memilih gula sorgum. Itulah kenapa sorgum ini wajib terus dikembangkan,” jelas Evi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemanfaatan sorgum, Evi pun mengaku siap menjadi jembatan antara petani dengan kementerian terkait.

“Salah satu kegiatan DPR adalah kunker (kunjungan kerja), dari kunker tersebut kami sering menerima aspirasi petani tentang padi, jagung, kedelai, dan palawija, kedepannya nanti akan kita tampung juga aspirasi mengenai tanaman sorgum ini,” pungkas Evi. (AB)