Kepala BB Biogen Paparkan Enam Area Perubahan dalam Membangun Zona Integritas

Berita

 196 total views,  1 views today.

Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Mastur, PhD memaparkan enam area perubahan dalam membangun Zona Integritas (ZI) di lingkungan BB Biogen.

Enam area perubahan tersebut disampaikan pada kegiatan Evaluasi Pembangunan ZI-WBK/WBBM Nasional, yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) secara virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (22/10/2020).

Berdasarkan Peraturan MenPAN-RB Nomor 10 Tahun 2019, pembangunan ZI harus dilaksanakan untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Enam area yang dimaksud dalam pembangunan ZI diantaranya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Mastur menjelaskan, pada unsur manajemen perubahan, BB Biogen telah membentuk tim pembangunan ZI dan Agen Perubahan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan. Beberapa kegiatannya diantaranya membahas rencana kerja, monitoring, dan evaluasi capaian kinerja setiap bulan.

“Kami juga menggelar pertemuan rutin setiap hari senin, rapat pimpinan C, serta upacara setiap tanggal 17,” papar Mastur.

Pada unsur penataan tatalaksana, Mastur menekankan keberadaan aplikasi SiNike (Sistem Informasi Penilaian Kinerja BB Biogen) untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi secara online.

“Dalam menata sistem manajemen SDM, BB Biogen kerap memfasilitasi pegawai mengikuti pelatihan di dalam dan luar negeri untuk mengembangkan kompetensi”, kata Mastur menjelaskan area perubahan ketiga.

Pada area perubahan keempat atau penguatan akuntabilitas, BB Biogen menerapkan penilaian kinerja pegawai sebulan sekali, izin perjalanan dinas melalui E-Kehadiran, dilakukan evaluasi mutasi struktural, kenaikan jabatan fungsional peneliti berdasarkan peta jabatan, kriteria pemberian penghargaan ditetapkan melalui SK, serta absen menggunakan finger print dan daftar pegawai terlambat diumumkan.

Selain empat perubahan di atas, Mastur juga menjelaskan dengan rinci mengenai penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, terutama pada inovasi layanan berupa website Bank Gen Pertanian dan website Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI). (AB)