PT Sido Muncul Gandeng BB Biogen dalam Perbanyakan Benih Tanaman Rempah dan Obat

Berita

 211 total views,  1 views today.

Perusahaan jamu asal Semarang, PT Sido Muncul menjajaki kerja sama dengan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dalam memerbanyak benih tanaman rempah dan obat, khususnya jahe, kapulaga, kemukus dan masoyi.

Saat ini PT Sido Muncul memanfaatkan 160 jenis tanaman obat yang sebagian besar merupakan tumbuhan, artinya perusahaan ini masih memanfaatkan bahan-bahan dari alam dan belum dibudidayakan secara intensif seperti tanaman pangan dan hortikultura.

“Salah satu masalah yang dihadapi adalah ketersediaan bibit dan benih. Berbeda dengan tanaman pangan dan hortikultura, budidaya tanaman rempah dan obat masih sangat minim,” ungkap Kepala Bidang Humas PT Sido Muncul, Bambang Supartoko saat mengunjungi BB Biogen bersama empat rekannya pada Senin (2/11/2020).

Karena masalah yang dihadapi tersebut, perusahaan swasta ini tertarik menjalin kerja sama dengan BB Biogen dalam perbanyakan bibit secara kultur jaringan untuk mendapatkan bibit yang bermutu, seragam, serta memiliki jaminan dan kepastian terhadap produk yang diinginkan.

“Benih yang dihasilkan nantinya akan dibudidayakan dan dikembangkan baik oleh kami sendiri maupun para mitra yang terdiri dari petani, kelompok tani, dan organisasi lainnya.” jelas Bambang.

Peneliti Balitbangtan Dr Ika Roostika menyebutkan, sudah sejak lama tanaman rempah dan obat dimanfaatkan dengan cara mengeksploitasi langsung dari alam, sehingga jumlah dan kualitasnya akan menurun. Untuk itu teknologi kultur jaringan perlu diterapkan demi menjaga kelestarian tanaman rempah dan obat.

Menurut Ika, yang pertama kali harus dilakukan dalam memperbanyakan benih secara kultur jaringan adalah memilih tanaman induk. “Pemilihan tanaman induk nantinya dapat dilakukan oleh PT Sido Muncul berdasarkan pengalaman selama ini, atau kita berkomunikasi dengan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat untuk mengetahui ketersediaan benih varietas unggul,” jelasnya.

“Dari tanaman yang unggul, mudah-mudahan bibit yang dihasilkan nantinya akan unggul,” pungkas Ika.

Sementara itu, Kepala BB Biogen yang diwakili Kepala Bidang KSPHP, Dr Sustiprijatno menyambut baik upaya kerja sama yang terjalin antara PT Sido Muncul dan BB Biogen. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata dari pemanfaatan dan pelestarian sumber daya genetik yang dimiliki Indonesia. (AB)