BB Biogen Gelar Konsolidasi Internal untuk Mencapai Target 2021

Berita

 178 total views,  3 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menggelar rapat konsolidasi internal pada 17-18 November 2020 secara virtual dan tatap muka di Gedung BB Biogen, Bogor.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dalam mendukung pencapaian target 2021.

Sebelum acara dimulai, dilaksanakan pemberian penghargaan oleh Kepala BB Biogen kepada Peneliti dan Teknisi terbaik. Untuk kategori peneliti terbaik diraih oleh Dr. Asadi, pemulia varietas unggul baru Kedelai Biosoy dan calon varietas unggul Kedelai Edamame. Sementara teknisi terbaik diraih oleh Jumanta.

“Ini adalah apresiasi dari BB Biogen, semoga bisa menjadi motivasi untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik untuk pertanian kita,” kata Kepala BB Biogen, Mastur PhD saat menyerahkan piagam penghargaan.

Usai penyerahan penghargaan, kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh sejumlah narasumber. Diantaranya Mastur yang menjelaskan rencana strategis BB Biogen 2020-2024. Pada kesempatan ini, Mastur menyampaikan tiga sasaran rencana strategis, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menghasilkan varietas unggul baru (VUB) dengan menggunakan sumber daya genetik (SDG) melalui Bioteknologi.

Selain itu, hadir pula perwakilan Biro Perencanaan Kementerian Pertanian yang membahas penyusunan indikator kinerja utama (IKU) individu untuk mendukung IKU organisasi. Pada kesempatan ini disebutkan bahwa perlu adanya penyelarasan antara individu dengan organisasi untuk mencapai tujuan dan rencana strategis yang sudah ditetapkan.

“Keselarasan antara individu dan organisasi akan berdampak dan menghasilkan inovasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah, baik secara individu maupun organisasi itu sendiri,“ kata Kepala Bagian Kebijakan dan Program, Biro Perencanaan Kementan, Ir. Ranny Mutiara Chaidirsyah.

Terdapat banyak narasumber lain yang dihadirkan dalam konsolidasi internal ini, diantaranya Inspektorat III Itjen Kementan yang membahas terkait Penyusunan Register Risiko, Tingkat Kesiapterapan Teknologi BB Biogen oleh Kepala BPATP, Sosialisasi Reformasi Birokrasi oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Gratifikasi dan Benturan Kepentingan oleh Inspektorat Investigasi Itjen Kementan, serta Sosialisasi Renstra Balitbangtan 2020-2024 oleh Kepala Bagian Perencanaan Balitbangtan Kementan.

Pada sesi akhir kegiatan, hadir pula secara langsung Sekretaris Balitbangtan, Dr Haris Syahbuddin untuk menyampaikan arahan.

Konsolidasi ini diikuti sekitar 75 peneliti lingkup BB Biogen secara virtual dan tatap muka. Meski tatap muka, pelaksanaannya tetap dengan protokol kesehatan seperti mewajibkan peserta menggunakan masker serta menyediakan handsanitizer di tiap meja. (AB)