Lima Paten Balitbangtan dapat Anugerah HKI, Salah Satunya Karya BB Biogen

Berita

 118 total views,  2 views today.

Lima paten Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mendapat Anugerah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Produktif dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional (Kementristek/BRIN). Anugerah tersebut diterima langsung oleh Kepala Balitangtan, Dr. Fadjry Djufry di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Dari lima paten yang mendapat anugerah, salah satunya merupakan hasil penelitian dan pengembangan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), yakni Formulasi Feromon dan Proses Pembuatannya.

Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry mengatakan, dalam keikutsertaan penghargaan kekayaan intelektual produktif ini, Balitbangtan secara khsusus mengusulkan paten yang berhasil dalam proses komersialisasi.

“Paten-paten tersebut telah diproduksi secara masal oleh industri dan telah digunakan oleh masyarakat,” ujarnya usai menerima anugerah.

Lebih lanjut Fadjry mengatakan, keberhasilan yang diraih akan menjadi motivasi bagi peneliti Balitbangtan untuk terus menghasilkan invensi-invensi bernilai kekayaan intelektual yang potensial untuk dikembangkan secara luas.

“Saya berharap capaian ini mampu meningkatkan prestasi dan kredibilitas Balitbangtan sebagai lembaga penelitian dan pengembangan nasional yang dapat bersaing di dunia internasional,” pungkasnya.

Selain Formulasi Feromon dan Proses Pembuatannya, empat paten lain yang mendapat anugerah adalah Mesin Pemanen Multi Komoditas, Transplanter JARWO Lahan Sawah Kedalaman 60 cm, Proses Pembuatan Minuman Kesehatan Dari Sari Kulit Buah Manggis, serta Vaksin Bivalen Avian Influenza (AI) H5N1 Subtipe H5N1 dan Vaksin Kombinasi Avian Influenza HPAI dan LPAI. (AB)