BB Biogen Luncurkan Aplikasi SiRapPRG

Berita

 605 total views,  2 views today.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Riset, Pengkajian Keamanan Hayati, dan Peredaran Produk Rekayasa Genetik (SiRapPRG) dalam acara Temu Mitra BB Biogen 2020 dan Launching SiRapPRG di Bogor, Kamis (26/11/2020).

Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung secara virtual oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Fadjry Djufry. Dalam Sambutannya, Fadjry menyebutkan bahwa Balitbangtan mendukung tugas dan fungsi Kementerian Pertanian dalam memfasilitasi kegiatan penelitian, pengkajian keamanan hayati dan peredaran PRG.

“Sebagai bentuk pelayanan dalam penyediaan informasi terkait regulasi, penelitian dan pengkajian keamanan pakan PRG maka dibuatlah SiRapPRG. Sistem informasi yang dikembangkan oleh Kepala BB Biogen ini adalah hal positif yang akan mendorong pengembangan produk rekayasa genetik,” ujar Fadjry.

Fadjry pun berharap agar kedepan nanti SiRapPRG terus dikembangkan menyesuaikan perkembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat bagi para pengguna yang meliputi lembaga penelitian, perguruan tinggi, pelaku usaha dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BB Biogen, Mastur Ph.D menjelaskan bahwa SiRapPRG versi 1.0 saat ini berisi informasi regulasi, kegiatan riset PRG dan publikasinya, serta pengkajian keamanan hayati pada sektor pertanian yang dapat diakses oleh masyarakat.

Sistem informasi yang dapat diakses melalui website biogen.litbang.pertanian.go.id ini juga menfasilitasi pemohon dalam pengajuan pengkajian keamanan pakan kepada Kementerian Pertanian, dan menyediakan informasi perkembangan pengkajian keamanan pakan oleh Tim Teknis Keamanan Hayati Bidang Pakan.

Acara Temu Mitra BB Biogen 2020 dan Launching SiRapPRG ini diikuti sekitar 100 peserta secara langsung dan virtual. Perserta terdiri dari perwakilan kementerian/lembaga, dinas terkait pertanian dan peternakan, perguruan tinggi, perusahaan swasta, swadaya, serta pegiat komoditas pertanian.

Pada kesempatan ini, Kepala Balitbangtan yang diwakili Kepala BB Biogen menyerahkan penghargaan kepada lima mitra BB Biogen yang dianggap memiliki dedikasi tinggi dalam memanfaatkan dan turut menyebarluaskan produk Balitbangtan.

Lima mitra tersebut diantaranya Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan sebagai Mitra Pusat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo sebagai Mitra Daerah, PT Maxindo sebagai Mitra Ekspor, Indonesia Cerdas Desa sebagai Mitra Swadaya, Sudaryanto sebagai Mitra Penggiat.

Usai menyerahkan penghargaan, Kepala BB Buigen mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang telah membantu dan bekerjasama dengan BB Biogen dalam pemanfaatan produk-produk Balitbangtan. (AB)