Pustaka Kementan Apresiasi Perpustakaan BB Biogen

Berita

 280 total views,  2 views today.

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) Kementerian Pertanian mengapresiasi sistem pengelolaan yang diterapkan Perpustakaan (Balai Besar Litbang Biotektologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian) BB Biogen.

Hal tersebut disampaikan dalam bimbingan teknis (bimtek) perpustakaan di BB Biogen pada 4-5 November 2020, oleh dua petugas pelaksana Bimtek dari Pustaka, yakni Budi Prawati dan Edwin Satyalesmana.

Dari bimtek ini, diketahui jumlah koleksi yang dimiliki sampai tahun 2019 adalah 4.784 judul buku, 4.088 judul jurnal penelitian ilmiah, dan 774 tesis/disertasi.

Menurut Budi, jumlah ini telah melampaui batas minimum yang ditentukan untuk perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian yaitu 2.000 judul.

Sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan BB Biogen juga cukup lengkap dengan adanya ruang kerja petugas, ruang baca, ruang koleksi dan ruang transit bahan perpustakaan.

Terdapat pula alat-alat perpustakaan serta fasilitas berupa rak penyimpanan koleksi, meja baca, rak display surat kabar, meja kerja petugas, fasilitas komputer, printer, scanner, alat dan meja untuk penyampulan, serta pendingin ruangan.

Ruang yang berada di area depan dan berdekatan dengan lobby gedung utama juga menjadi nilai tambah bagi perpustakaan BB Biogen.

BB Biogen telah mengadopsi aplikasi Inlislite dalam pengelolaan database koleksi pustaka BB Biogen. Selain itu, BB Biogen juga telah melakukan migrasi data koleksi dari Simpertan ke Inlislite.

Perpustakaan BB Biogen memiliki layanan baik secara online maupun offline antara lain layanan sirkulasi, layanan referen/rujukan, layanan penelusuran, serta layanan penyediaan dokumen.

Dari layanan tersebut, perpustakaan BB Biogen telah membuktikan peran pentingnya dalam mendukung fungsi utama BB Biogen sebagai salah satu lembaga litbang khususnya di bidang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetika Pertanian.

Budi Prawati juga menjelaskan, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada sejumlah peneliti, diketahui bahwa ada ketergantungan peneliti atas keberadaan perpustakaan BB Biogen mengingat layanan yang diberikan pengelola perpustakaan sangat baik, relevan dan cepat (layanan prima).

Hal tersebut juga dapat dilihat dari jumlah pemustaka (pengunjung) perpustakaan BB Biogen pada 2019 lalu sebanyak 4. 312 orang. (GW/AB)