Kinerja BB Biogen Tahun 2020 Melampaui Target

Berita

 160 total views,  1 views today.

Sepanjang tahun 2020, Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian menghasilkan 5 varietas unggul baru (VUB). Jumlah tersebut melampaui target sebanyak 4 varietas untuk tahun anggaran 2020.

Lima VUB yang telah dilepas adalah Padi Bioni 63 Ciherang Agritan, Padi Biosalin 1 Agritan, Padi Biosalin 2 Agritan, Padi Biobestari Agritan, dan JerukĀ  Proksi 1 Agrihorti.

“Alhamdulillah kinerja kita Tahun 2020 melampaui target, mulai dari varietas unggul, kerja sama, kebijakan dan seterusnya,” kata Kepala BB Biogen, Mastur PhD, saat memberi arahan pada Apel Hari Pertama Kerja 2021 di Lapangan Upacara BB Biogen, Senin (4/1/2021).

Selain melepas lima VUB, BB Biogen menghasilkan enam galur, pertama galur padi rawa tipe A toleran salinitas hasil seleksi uji daya hasil pendahuluan. Kedua adalah galur M3 kedelai asal iradiasi embrio muda yang memiliki umur lebih genjah atau sama dengan Anjasmoro dengan karakter agronomis baik dan produktivitas tinggi.

Selanjutnya galur M4 kedelai asal iradiasi embrio muda yang memiliki umur lebih genjah atau sama dengan Anjasmoro dengan karakter agronomis baik dan produktivitas tinggi. Galur keempat adalah galur padi terpilih produktivitas tinggi dan berumur genjah beserta data hasil uji multilokasi tahap III di dua lokasi percobaan. Kelima, galur padi rawa beserta informasi hasil pengujian toleransi Fe di rumah kaca. Terakhir adalah galur kedelai tropis produktivitas tinggi, berbiji besar, berumur genjah sampai sedang hasil UDHL di dua lokasi lapang.

BB Biogen juga menghasilkan dua teknologi, pertama formula biostimulan (fitohormon plus) berbahan aktif microba endofit untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman hortikultura (teknologi) bioprospeksi yang masih memerlukan uji lanjut, kedua teknik pertumbuhan minimal dan teknik kriopreservasi tebu (masih perlu tahap validasi).

Dalam rangka memanfaatkan teknologi dan inovasi litbang bioteknologi dan sumber daya genetik pertanian, BB Biogen juga telah menghasilkan serta mendiseminasikan 21 teknologi, menjalin 17 kerja sama, serta mengonservasi 4.655 aksesi sumber daya genetik untuk dimanfaatkan di kemudian hari.

Tidak hanya sampai di situ, BB Biogen juga menghasilkan 47 jurnal nasional dan internasional, 38 prosiding, dan 12 buku.

“Khususnya kepada tim pelepasan varietas, tim konservasi sumber daya genetik, tim kerja sama dan lainnya saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya,” ungkap Mastur. (AB/W)