Kenali Produk Peternakan, Kepala Puslitbangnak Kunjungi BB Biogen

Berita

 104 total views,  1 views today.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh Agus Susanto mengunjungi Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor, Rabu (6/1/2020). Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh produk peternakan yang sedang dikembangkan BB Biogen, yakni Kit Deteksi Kebuntingan Sapi dan calon varietas unggul baru (VUB) Rumput Gajah.

Pada kesempatan ini Peneliti BB Biogen, Dr. Tri Puji menjelaskan secara detil tentang kit kebuntingan sapi yang dapat mendiagnosa kebuntingan sapi pada umur 15-30 hari setelah inseminasi buatan (IB) tanpa menumbulkan risiko keguguran karena menggunakan sampel urin.

Sementara itu, Dr. Ali Husni menjelaskan calon (VUB) rumput gajah yang tahan kekeringan, tinggi mencapai dua meter, produktivitas tinggi, serta kandungan protein mencapai 16% atau meningkat dua kali lipat. Menurut Ali, rumput ini telah didaftarkan untuk segera dilepas sebagai VUB.

Menanggapi hal tersebut, Agus optimis kolaborasi antar unit pelaksana teknis (UPT) lingkup Badan Litbang Pertanian dapat memenuhi keinginan Menteri Pertanian untuk membuat terobosan baru dibidang peternakan.

“Dunia peternakan kita masih punya PR yaitu menyediakan daging sapi. Untuk itu tugas kita adalah meningkatkan populasi sapi dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang kita miliki,” kata Agus.

“Para peneliti nantinya harus saling berkoordinasi untuk mengonsep dimana letak kelemahan bidang peternakan yang kemudian dicari solusinya melalui riset,” tambah Agus.

Hal senada disampaikan Kepala BB Biogen, Mastur, PhD. Menurutnya kerja sama antar UPT penting untuk mempercepat target pemerintah dalam memenuhi kehutuhan daging sapi nasional. (AB)