BBPKH Cinagara Turut Manfaatkan Hasil Penelitian BB Biogen

Berita

 123 total views,  1 views today.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara turut memanfaatkan Sorgum Bioguma 1 yang merupakan hasil penelitian Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen).

Pemanfaatan ini dilakukan dalam rangka mendiseminasikan hasil penelitian BB Biogen, khususnya sorgum yang dapat dijadikan sebagai pakan ternak kepada petugas kesehatan hewan, petugas peternakan, peternak serta masyarakat umum.

“Kami memiliki 20 hektar lahan yang dikelola masyarakat untuk memproduksi rumput pakan ternak. Itu bisa kita manfaatkan sebagai demplot sekaligus untuk mendiseminasikan hasil penelitian BB Biogen,” ujar Kepala BBPKH Cinagara, drh. Wisnu Wasisa Putra, MP saat mengunjungi BB Biogen pada Jumat (8/1/2021).

Sebagai langkah awal, BB Biogen menyerahkan benih Sorgum Bioguma 1 sebanyak 5Kg kepada Wisnu. Selanjutnya Wisnu mengaku siap memanfaatkan produk peternakan lain yang dikembangkan BB Biogen seperti calon varietas unggul baru rumput gajah dan kit kebuntingan sapi.

“Teknologi dan VUB dari BB Biogen ini bisa kita aplikasikan untuk pengembangan peternakan dengan memberdayakan peternak di sana,” jelas Wisnu. (AB)