Permintaan Porang Tinggi, AKABI Gandeng Balitbangtan dalam Sediakan Benih

Berita

 450 total views,  2 views today.

Direktorat Aneka Kacang dan Umbi (AKABI) melakukan penjajakan kerja sama dengan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) dalam menyediakan benih porang. Kerja sama tersebut dirancang menyusul tersedianya teknologi perbanyakan benih kultur jaringan di salah satu unit pelaksana teknis Balitbangtan, yakni Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Bogor.

Saat mengunjungi BB Biogen, AKABI melihat secara langsung bibit porang hasil kultur jaringan yabg telah dipindahkan ke dalam polybag. Menanggapi teknologi tersebut, pihaknya mengaku tertarik untuk memanfaatkannya.

“Saat ini kebutuhan bibit porang yang kualitasnya bagus masih sangat kurang, jadi sebagai direktorat komoditas budidaya, kami akan mendukung upaya-upaya untuk pemenuhan kebutuhan bibit porang berkualitas, termasuk salah satunya terobosan melalui kutur jaringan ini,” ujar Arif Muliawan dari Subdit Kedelai Direktorat AKABI pada Rabu (13/1/2021) lalu.

“Jadi kalau memang di sini sudah keliatan berhasil, kedepan kita bisa rancang untuk menyediakan bibit unggul yang sangat diperlukan oleh petani-petani porang kita,” tambahnya.

Arif menjelaskan, animo masyarakat terhadap porang saat ini cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang menanyakan ketersediaan benih saat AKABI berkunjung ke daerah-daerah. Untuk itu ia berharap agar kedepan nanti akan terjalin sinergitas antara AKABI dan Balitbantan demi terpenuhinya kebutuhan bibit porang yang berkualitas.

Sementara itu Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry telah memberikan perhatian khusus dalam perbanyakan benih porang. Bahkan pihaknya akan memanfaatkan fasilitas laboratorium dari unit lain yang potensial dalam mendukung produksi bibit porang hasil kultur jaringan. (AB)