Perbanyak Bibit Porang, Perusahaan Swasta Manfaatkan Teknologi BB Biogen

Berita

 278 total views,  1 views today.

Salah satu perusahaan pembibitan tanaman PT. DaFa Teknoagro Mandiri melakukan penjajakan kerja sama dengan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dalam memerbanyak bibit porang. Adapun bentuk kerja sama yang ingin dijalin adalah lisensi teknologi kultur jaringan.

Saat berkunjung ke BB Biogen, Dirut PT. DaFa Ir. Nursyamsu Mahyuddin dan tim melihat tanaman porang hasil kultur jaringan yang ada di BB Biogen. Ia pun sangat antusias dan semakin yakin untuk melakukan kerja sama setelah melihat langsung kuljar porang BB Biogen.

“Kami datang kesini untuk menjalin kerja sama, karena kami ingin memperbanyak bibit/benih porang yang saat ini sedang ramai dimana-mana. Pasar ekspor sangat besar, kemudian kebutuhan bibitnya juga besar, karena itulah kami ingin ikut membantu dan berkontribusi menyediakan bibitnya, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para petani di seluruh Indonesia,” ujar Nursyamsu, Jumat (5/2/2021).

Jika pengajuan lisensi telah disetujui Kepala Balitbangtan, perbanyakan porang ini akan dilakukan di laboratorium milikperusahaan swasta ini di Ciampea, Bogor.

“Mudah-mudahan kerja sama dengan BB Biogen ini dapat berlangsung dengan baik dan kita sama-sama dapat mengambil manfaat, berkontribusi bagi mensejahterakan petani Indonesia,” tambahnya.

Kepala BB Biogen, Mastur Ph.D berharap kerja sama lisensi Porang ini segera terealisasi dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan para petani di Indonesia.

Sebagai informasi, PT. DaFa merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang usaha pembibitan tanaman dengan teknik Kultur Jaringan, Generatif, Stek, Cangkok dan Okulasi, Reklamasi lahan, Pengelolaan hutan rakyat dan Jasa pelatihan dan konsultasi di bidang pembibitan tanaman. Perusahaan tersebut berlokasi di Ciampea Bogor dan sudah berdiri sejak tahun 1996. (MHZ/AB)