PVTPP Ikuti Training Pengenalan Marka Molekuler di BB Biogen

Berita

 168 total views,  1 views today.

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) ikuti Magang/Inhouse Training Pengenalan Marka Molekuler di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) pada 15-16 Februari 2021.

Dalam training ini, peserta dari PVTPP yang terdiri dari delapan peserta memelajari teori tentang pengenalan laboratorium, pengantar prinsip dasar molekuler, serta pengenalan perangkat lunak analisis molekuler.

Selain teori, para peserta juga melaksanakan praktik isolasi DNA tanaman, amplifikasi PCR dan Elektroforesis serta Analisa dan hasil interpretasi hasil.

Seluruh teori dan praktik mengenai marka molekuler tersebut disampaikan oleh Dr. Puji Lestari, Rerenstradika Tizar Terryana, M.Si, Kristianto Nugroho, SP dan Amalia Prihaningsih, A.Md.

Berdasarkan surat permohonan training yang disampaikan Kepala PVTPP, Prof. Erizal Jamal, pengenalan marka molekuler ini ditujukan kepada SDM Kelompok Pendaftaran Varietas guna menambah wawasan dalam membaca penanda genetik untuk mengetahui koetentikan suatu varietas.

Menurut Erizal, varietas lokal memiliki tingkat keragaman yang cukup luas sehingga fenotof antar varietas seringkali sulit dibedakan.

“Untuk itu perlu adanya penanda genotif untuk membedakan penciri genetik antar varietas,” jelas Erizal dalam surat.

Berbagai metode dapat digunakan untuk mengetahui koetentikan suatu varietas, salah satunya adalah melalui deskripsi varietas dan marka molekuler,” tambahnya.

Erizal pun berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dalam mengetahui penanda genotipe dari suatu varietas yang diidentifikasi melalui biomolekuler, serta dapat mengidentifikasi penanda molekuler apabila terjadi pendaftaran varietas yang memiliki karakter fenotipe yang sama.

Sementara itu, Kepala BB Biogen, Mastur, PhD menyambut baik kegiatan pemanfaatan bioteknologi khususnya marka molekuler ini. Menurutnya training ini merupakan salah salu langkah dalam memerkuat kolaborasi institusi di bawah Kementerian Pertanian dalam perlindungan dan pelepasan varietas. (AB)