Pastikan Kesehatan Pegawai di Masa Pandemi, BB Biogen Laksanakan MCU

Berita

 143 total views,  1 views today.

Selain menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, sebanyak 136 PNS lingkup Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU) pada 18 dan 19 Februari 2021 di Ruang Agrobacterium. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kesehatan pegawai BB Biogen.

MCU terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan non laboratorium. Pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan hematologi lengkap, metabolisme gula, fungsi hati, fungsi ginjal, dan metabolisme lemak. Sementara pemeriksaan non laboratorium terdiri dari thorax rontgen dan pemeriksaan fisik dokter.

Agar hasil pemeriksaan maksimal, peserta diwajibkan mengikuti persyaratan yang berlaku, diantaranya istirahat yang cukup (tidur minimal 8 jam), mematuhi persyaratan dan tata cara persiapan pengambilan darah (puasa 10-12 jam), dan tidak melakukan aktivitas berat sebelum melakukan MCU.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha BB Biogen, melalui MCU ini pegawai dapat mengetahui kondisi kesehatannya, mencegah sejak dini atau mengobati penyakit yang diketahui dari hasil pemeriksaan kesehatan ini.

Pada kesempatan ini, para pegawai yang telah melaksanakan rangkaian MCU dibekali suplemen penambah daya tahan tubuh yang sangat diperlukan di masa pandemi saat ini. (MHZ/AB)