BATAN Pelajari Metode Seleksi Berbasis Marka Molekuler di BB Biogen

Berita

 617 total views,  2 views today.

Empat peneliti dan teknisi dari Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengikuti pelatihan Tailor Made Course “Metode Seleksi untuk Pengembangan Kedelai Toleran Cekaman Lahan Sub-Obtimal Berbasis Marka Molekuler” selama enam pekan, 22 Februari-2 April 2021 di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Bogor.

Keempat peneliti dan teknisi yang mengikuti pelatihan diantaranya Winda Puspitasari Ph.D, Yuliasti M.Si, Lilik Harsanti S.Si, dan Puput Melati Amd.

Melalui kegiatan ini, ditargetkan para peserta memiliki pengetahuan berupa teknik biologi molekuler dan bioinformatika untuk mendukung seleksi galur kedelai dalam program pemuliaan tanaman, serta mampu melakukan seleksi galur-galur kedelai berbasis marka molekuler.

Saat kegiatan dibuka oleh Kepala BB Biogen, Mastur Ph.D pada Senin (22/2/2021), para peserta dibekali dengan pengenalan hasil-hasil penelitian BB Biogen, khususnya yang berbasis marka molekuler. Selanjutnya disampaikan pula pengantar keselamatan kerja di laboratorium serta pengenalan laboratorium dan praktikum oleh peneliti BB Biogen Dr. Eny Ida Riyanti dan Dr. Reflinur.

Selama enam pekan kedepan, para peserta akan mengikuti pelatihan dengan metode pembelajaran secara teori, praktik, presentasi dan diskusi.

Adapun topik yang dibahas yakni mulai dari persiapan materi genetik tanaman untuk karakter yang ditargetkan (tahan cekaman salinitas dan lahan masam) dalam seleksi berbasis analisis molekuler, isolasi DNA beserta pengujian kualitas dan kuantitasnya, mendisain primer marka molekuler, menyiapkan komposisi reaksi Polymerase Chain Reaction (PCR) dan menjalankan PCR serta separasi produk PCR menggunakan teknik elektroforesis (horizontal dan vertikal), hingga menganalisa data dan menyeleksi tanaman toleran. (AB)