Gelar Bimtek Padat Karya, BB Biogen Kenalkan VUB Padi Bioni 63 Ciherang Agritan

Berita

 381 total views,  2 views today.

Guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, hususnya para petani di masa pandemi, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya sesuai instruksi dari Kepala Badan Litbang Pertanian.

Bimtek dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cigudeg, Kab. Bogor, (9/3/21). Komoditi yang diperkenalkan kepada para peserta adalah varietas unggul baru (VUB) Padi Bioni 63 Ciherang Agritan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Penyuluh, PPL, Pengamat Hama dan Penyakit, Penyuluh Pertanian Provinsi Jawa Barat dan petani.

Koordinator Penyuluh Pertanian memberikan sambutan sekaligus membuka acara bimtek ini. Dalam sambutannya Koordinator Penyuluh Pertanian mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BB Biogen, Balitbangtan atas dilaksanakannya bimtek padat karya, karena acara ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berdampak pada pendapat petani nantinya,” tuturnya.

“Kepada para petani dan petugas diminta serius mengikuti bimtek ini, karena banyak sekali informasi yang diperoleh mengenai varietas unggul tanaman dan teknologi hasil Balitbangtan,” tambahnya.

Sementara itu BB Biogen yang diwakili Dr. Dodin Koswanudin dalam paparannya menyampaikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan bioteknologi pertanian yang sudah dihasilkan BB Biogen.

“Hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dihasilkan oleh BB Biogen, yaitu varietas padi Inpari Blas, Inpari HDB, Inpari 40, Bio patenggang, Bioni 63 Ciherang, Biobestari, Biosalin 1 dan 2, kedelai Biosoy 1 dan 2, Sorgum Bioguma 1, 2 dan 3, cabai Carvi Agrhorti, cabai Biocarvi Agrihorti, jeruk Proksi 1, rumput gajah, serta teknologi pengendalian hama ramah lingkungan seperti Feromon seks pengerek batang padi kuning, fero exi, fero lanas, fero litura, fero armi, fero ostri, fero croci,” tutur Dodin.

Dalam paparannya, Dodin juga menyampaikan informasi mengenai padi Bioni 63 Ciherang Agritan yang meliputi deskripsi, cara budidaya, pengolahan hasil dan perbenihan.

Peserta bimtek sangat antusias dengan terselenggaranya bimtek ini, apalagi dengan materi yang dipaparkan mengenai VUB Padi Bioni 63. Para peserta mengharapkan VUB Bioni 63 dapat menekan serangan hama wereng coklat yang pada musim tanam 2021 serangannya cukup tinggi.

Para peserta juga sangat tertarik dengan VUB padi inpari Blas, Biopatenggang, dan Fero PBPK. Salah seorang peserta bimtek, Suhaimi yang merupakan petani dari Mekarjaya, Cigudeg merasakan manfaat dari acara yang dilaksanakan ini.

“Kami merasakan manfaat yang besar dari kegitan yang dilkukan BB Biogen Balitbangtan dan kami mengharapkan selalu dibimbing dalam melakukan budidaya pertanian terutama adanya varietas unggul dan teknoligi yang lain,” ujar Suhaimi.

Di akhir kegiatan, BB Biogen memberikan bantuan benih Bioni 63 Ciherang kelas breeder seed (label kuning) sebanyak 2 kg kepada masing-masing petani untuk dikembangkan lebih lanjut. (W/MHZ/AB)