Tertarik Koleksi Talas, Dishanpan Jateng Kunjungi BB Biogen

Berita

 138 total views,  1 views today.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Agus Wariyanto kunjungi Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan disambut langsung oleh Kepala Balai, Mastur, PhD. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui koleksi talas yang berpotensi dikembangkan untuk program diversifikasi pangan di Jawa Tengah.

“Ini berkaitan dengan upaya akselerasi diversifikasi atau penganekaragaman konsumsi pangan di Jawa Tengah. Talas adalah salah satu komoditas yang ditegaskan Bapak Menteri Pertanian kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan untuk bisa dikembangkan di Jateng,” ungkap Agus pada Jumat (19/3/2021).

Menurut Agus, mengoleksi tanaman talas menjadi penting agar masyarakat dapat teredukasi bahwa dalam pengembangan talas ada peluang dan harapan untuk bisa didayagunakan sebagai salah satu sumber pangan alternatif sekaligus untuk konservasi Sumber Daya Genetik (SDG).

“Kami berharap dari kunjungan ini bisa memberikan pendampingan dan pengawalan kepada Pemprov Jateng untuk bagaimana teknik konservasi dan cara mendapatkan komoditas talas yang mempunyai produktivitas tinggi. Ini penting untuk kesejahteran masyarakat, penanggulangan kemiskinan, penanganan pengangguran sekaligus untuk peningkatan dari produktivitas pertanian di Jateng,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BB Biogen memiliki sedikitnya 265 aksesi talas yang terkoleksi secara ex-situ di Bank Gen Pertanian. Koleksi tetrsebut dapat dilihat pada situs sdg.litbang.pertanian.go.id dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui perjanjian kerja sama. (MHZ/AB)