BB Biogen Kenalkan Fero Lanas Saat Bimtek di Dramaga Bogor

Berita

 32 total views,  1 views today.

BB Biogen menggelar bimbingan teknis inovasi teknologi Balitbangtan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dramaga Bogor pada Jumat, (26/3/2021). Yang menjadi peserta pada bimtek ini adalah para petani dari daerah binaan BPP Dramaga.

Bimtek dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh 25 peserta dengan materi budi daya padi yang disampaikan oleh Dr. Dodin Koswanudin. Selain menyampaikan sejumlah teknik budidaya padi, pada kesempatan ini Dodin juga mengenalkan varietas unggul padi yang telah dihasilkan BB Biogen, seperti Inpari Blas, Inpari HDB, Inpari 40, Biosalin 1 dan 2, Bioni 63 Ciherang, Bio Patenggang, dan Biobestari.

Di akhir kegiatan juga BB Biogen menyerahkan 10 kg benih padi Bioni 63 Ciherang untuk dikembangkan petani. Varietas tersebut direkomendasikan untuk dikembangkan karena dinilai dapat menjawab masalah para petani yang saat ini padinya kerap terserang hama wereng.

Setelah sesi pertama selesai, bimtek dilanjutkan ke sesi dua dengan 25 peserta yang berbeda. Adapun topik yang dibahas adalah pengendalian hama secara ramah lingkungan dengan feromon yang disampaikan oleh Dr. Made Samudra.

Pada kesempatan ini Made mengenalkan terlebih dahulu jenis dan karakter hama yang menyerang tanaman ubi jalar. Selanjutnya Made memberikan rekomendasi pengendali hama secara ramah lingkungan berupa feromon (Fero Lanas).

Diakhir kegiatan BB Biogen juga menyerahkan masing-masing satu Fero Lanas lengkap dengan alat perangkapnya kepada seluruh peserta. (AB)